Breaking News:

BATAM TERKINI

POLDA Kepri Bakal Terapkan Virtual Police, Apa Itu Polisi Virtual?

Kepolisian berencana mengaktifkan polisi siber atau virtual police termasuk di wilayah hukum Polda Kepri. Apa itu virtual police?

TribunBatam.id/Istimewa
Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhart mengatakan, pengaktifan polisi siber nantinya akan dimulai dari tingkatan Mabes Polri terlebih dahulu. Ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kepolisian berencana mengaktifkan polisi siber atau virtual police termasuk di wilayah hukum Polda Kepri.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhart mengatakan, pengaktifan polisi siber nantinya akan dimulai dari tingkatan Mabes Polri terlebih dahulu.

"Untuk virtual police pertama-tama di tingkat Mabes Polri. Ditata disana dulu baru ke bawah Polda Jajaran," ujar Harry pada Sabtu (27/2/2021).

Menurut Harry, pelaksanaan bertahap itu dilakukan karena mengingat sumber daya manusia (SDM) harus dilatih terlebih dahulu sebelum diterapkan di tingkat Polda jajaran.

"Karena hal itu membutuhkan sumberdaya, baik SDM dan infrastrukturnya," ujarnya.

Harry mengatakan bahwa merupakan upaya preventif dan preemtif kepada masyarakat.

Baca juga: HARGA Cabai di Pasar Tos 3000 Batam Kembali Naik, Simak Harga Terbarunya

"Yang jelas virtual polisi akan kita laksanakan," ujarnya.

Apa peran dan tugas virtual police atau polisi virtual?

Nantinya polisi virtual akan bertugas memberikan edukasi kepada masyarakat terkait UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Selanjutnya virtual police akan melakukan patroli di dunia maya untuk menegur masyarakat pengguna media sosial jika ada potensi pelanggaran UU ITE.

"Tugasnya ialah memberikan edukasi kepada masyarakat yang memposting hal hal yang bersifat hoax," kata Harry. (TRIBUNBATAM.id/Alamudin)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved