Breaking News:

LINGGA TERKINI

Tiga Warga Lingga Kena DBD, Puskesmas Dabo Gerak Cepat

Bahwa pada Februari ini pihaknya telah menangani sebanyak tiga kasus DBD, pada wilayah yang sama, yakni di Kelurahan Dabo

Keterangan foto : Tribun/Istimewa
Tim Surveilans UPT Puskesmas Dabo Lama lakukan kegiatan penanggulangan DBD di wilayah Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Minggu (28/2/21) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Tenaga Kesehatan (Nakes) atau khususnya Tim surveilans Epidemiologi UPT Puskesmas Dabo lama lakukan kegiatan penanggulangan kasus DBD atau demam berdarah diwilayah Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Minggu (28/2/21).

Adapun kegiatan penanggulangan tersebut, yakni berupa penyelidikan epideomologi, pemberantasan sarang nyamuk (PSN), pengambilan sample DBD dan Fogging focus.

Selain Tim surveilans, kegiatan tersebut juga didampingi langsung oleh Kepala UPT Puskesmas Dabo Lama, Tim P2P Dinas Kesehatan Lingga, Lurah/Sekretaris, perangkat kelurahan, serta masyarakat kelurahan Dabo Lama.

Pj Surveilans UPT Puskesmas Dabo Lama, Rossi Suriani mengatakan, bahwa pada Februari ini pihaknya telah menangani sebanyak tiga kasus DBD, pada wilayah yang sama, yakni di Kelurahan Dabo.

"Januari kemarin ditemukan satu kasus, berati total penemuan sudah sebanyak empat kasus diwilayah UPT Puskesmas Dabo Lama," kata Ros kepada TRIBUNBATAM.id Minggu pagi.

Ros lalu menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai bentuk pelacakan kasus atau penyelidikan epideomologi dengan cara mengelilingi rumah warga yang terdampak kasus.

"Dengan maksud melihat apakah ada lagi kasus demam di sekitar rumah warga yang terkena kasus dan sambil mantau juga apakah ada jentik-jentik pada penampungan air warga.

Jadi kegiatan fogging focus, yang mana kegiatan tersebut hanya dilakukan pada area kasus demam berdarah, dari jarang 200 meter dari rumah terdampak kasus," jelas Rossi Suriani.

Pj Surveilans UPT Puskesmas Dabo Lama itu menerangkan, bahwa untuk ketiga kasus pada Februari tersebut sudah dinyatakan sembuh sampai hari ini.

"Yang terakhir satu orang hari ini sudah dirawat dalam seminggu dan sekarang sudah dibolehkan pulang karena sudah tidak demam lagi," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Febriyuanda
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved