Breaking News:

BATAM TERKINI

Pemotongan Kapal Ilegal Harus Kena Sanksi, Fadli : Jangan Jadikan Batam Tempat Mafia Perkapalan

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Batam, Harmidi Umar Husein mengharapkan KSOP Batam dapat berlaku tegas terhadap pihak perusahaan.

TribunBatam.id/Hening Sekar Utami
Polemik Kapal Acacia Nassau dibawa ke DPRD Batam, Perusahaan mengakui izin belum lengkap. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemotongan kapal Acacia Nassau dihentikan akibat dianggap ilegal menyusul ketidaklengkapam surat perizinan dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Kementerian Perhubungan.

Komisi I DPRD Kota Batam, merekomendasikan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam untuk menyegel lokasi tersebut dari segala kegiatan ilegal.

Sebelumnya pihak PT Graha Triska Industri (GTI) menyebutkan bahwa pemotongan kapal Acacia Nassau telah berlangsung selama 50 persen lebih, kendati surat perizinan yang kurang lengkap.

"Sudah 50-an persen yang dipotong, dan sudah ada yang dijual keluar barangnya," ujar Asisten HSE Manager PT GTI, Sukri, dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) Komisi I DPRD Kota Batam.

Melihat itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Batam, Harmidi Umar Husein mengharapkan KSOP Batam dapat berlaku tegas terhadap pihak perusahaan.

Salah satu bentuk ketegasan dapat berupa pemberian sanksi atau penyegelan.

"Jangan hanya memberikan surat pemberitahuan saja, kalau nggak ada sanksinya percuma, karena ini perusahaan," tegas Harmidi.

Ia menekankan pemberian sanksi, dengan alasan, adanya dugaan penggelapan uang negara dalam kegiatan pemotongan kapal Acacia Nassau yang dilakukan tanpa surat-surat lengkap itu.

Baca juga: DPRD Batam Dorong KSOP Batam Segel Kapal Acacia Nassau

Menurut KSOP Batam, setiap pemotongan kapal, terdapat bagian uang negara yang disetorkan sebesar Rp 50.000 per ton.

Sementara itu, bobot kapal Acacia Nassau diketahui mencapai 31.000,28 ton.

Halaman
123
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved