Breaking News:

SAHAM 2021

Proyeksi IHSG Besok Rabu 3 Maret 2021 Melemah Terbatas, Berikut Sentimennya

Proyeksi IHSG besok Rabu 3 Maret 2021 melemah terbatas. IHSG Selasa 2 Maret 2021 ditutup menguat 0,33% di level 6.359,20.

Kontan.co.id
Proyeksi IHSG besok Rabu 3 Maret 2021. IHSG Selasa 2 Maret 2021 ditutup menguat 0,33% di level 6.359,20. 

TRIBUNBATAM.id - Proyeksi IHSG besok Rabu 3 Maret 2021 melemah terbatas.

IHSG Selasa 2 Maret 2021 ditutup menguat 0,33% di level 6.359,20.

Sebanyak 225 saham menguat, 253 saham melemah, dan 162 saham stagnan.

Pada perdagangan Selasa 2 Maret 2021, investor asing membukukan pembelian bersih (net buy) Rp 27,65 miliar di seluruh pasar.

Analis Pilarmas Investindo, Okie Setya Ardiasmata menjelaskan penguatan tersebut didorong dari penurunan imbal hasil obligasi pemerintah Amerika yang meredam kekhawatiran pelaku pasar saat ini. Dengan begitu, memberikan dampak positif pada perdagangan pasar saham global.

Namun, ia menyebutkan depresiasi rupiah yang diikuti dengan outflow dari pasar obligasi memberikan tekanan pada laju pergerakan IHSG.

Oleh sebab itu, Pilarmas Investindo memperkirakan IHSG besok akan melemah terbatas. Perlambatan tersebut seiringan dengan pergerakan pasar saham global yang dinilai masih dapat tertekan dalam jangka waktu pendek.

"Selain itu, rilis data dari dalam negeri seperti pertumbuhan kredit, inflasi dan manufaktur yang mengindikasikan adanya perlambatan ikut memberikan tekanan pada pergerakan IHSG yang diproyeksikan dapat terbatas," ujarnya kepada kontan.co.id, Selasa (2/3).

Menurutnya , saat ini pelaku pasar akan mencermati dampak dari stimulus fiskal dan juga moneter terhadap kinerja perekonomian di akhir kuartal I. Stimulus fiskal pada sektor otomotif dan juga properti diharapkan dapat memberikan efek domino pada sektor penunjangnya yang menjadi trigger terhadap daya beli masyarakat dan juga produktivitas sektor industri.

Okie memproyeksikan, IHSG besok akan berada di rentang 6.293 - 6.388. Untuk besok, ia mengatakan saham-saham yang menarik untuk dicermati INDF, INTP, dan SMGR.

Secara teknikal, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance minimum berada pada 6.256,03 hingga 6.455,53.

Berdasarkan indikator, MACD dan RSI masih menunjukkan sinyal positif. Namun demikian, stochastic mulai menunjukkan jenuh beli atau overbought. Di sisi lain, terlihat pola bearish spinning top candle yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG.

Binaartha Sekuritas merekomendasikan saham-saham yang menarik untuk dicermati, AALI, BEST, UNTR, WEGE, WSBP, dan WSKT.

Selanjutnya: Saham-saham yang banyak diburu asing saat IHSG rebound pada Selasa (2/3)
 

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved