Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Beruntungnya Jadi Pelajar di Anambas, Pemda Biayai Transportasi Laut Siswa ke Sekolah

Rata-rata pelajar di Anambas harus menyeberangi laut demi menuntut ilmu ke sekolah. Ada yang menempuh waktu 1 jam perjalanan laut baru bisa ke sekolah

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
ilustrasi, foto perairan Tarempa di Anambas. Beruntungnya Jadi Pelajar di Anambas, Pemda Biayai Transportasi Laut Siswa ke Sekolah 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Beruntungnya para pelajar di Anambas. Pasalnya para pelajar bisa mendapat biaya transportasi untuk bersekolah. 

Diketahui, sangat jarang di suatu pulau di Anambas memiliki bangunan sekolah. Hal itu membuat para pelajar harus menyeberangi laut demi menuntut ilmu ke daerah terdekat yang memiliki bangunan sekolah.

Jarak tempuh yang harus mereka lewati pun cukup jauh. Ada yang harus menyeberangi laut selama satu jam menggunakan kapal pompong atau kapal kayu ke sekolah yang mereka tuju.

Terkait hal ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Anambas menyiapkan anggaran transportasi pelajar setiap tahunnya.

Anggaran ini mereka berikan lewat Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemilik kapal di setiap pulau.

Baca juga: Siapkan Anggaran Rp 1,2 Miliar, 371 Mahasiswa Asal Anambas Bakal Dapat Beasiswa dari Pemda

Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang digelontorkan untuk biaya transportasi kapal laut para pelajar mencapai Rp 1,5 miliar per tahunnya.

Kepala Seksi PTK SMP Disdikpora Anambas, Irman menyebutkan, biaya transportasi yang mereka salurkan kepada pemilik pompong untuk mengantar jemput pelajar dilihat dari jarak.

"Satu orang pelajar yang antar jemput itu kita lihat dari jaraknya. Kemudian rutenya kita lihat juga, baru bisa dipatok biaya per orangnya berapa," kata Irman, Rabu (3/3/2021).

Dari data terhimpun, satu orang anak paling tinggi biaya transportasi antar jemput ke sekolah menggunakan kapal pompong Rp 30 ribu, dan paling rendah Rp 5 ribu.

"Satu sekolah itu tidak satu kapal pompong yang mengangkutnya. Kalau pelajarnya ramai bisa dua kapal yang kita sewa," sebutnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved