Breaking News:

SAHAM 2021

Hari Ini Menghijau, Berikut Proyeksi IHSG Besok Kamis 4 Maret 2021

Proyeksi IHSG besok Kamis 4 maret 2021, IHSG Rabu 3 Maret 2021 ditutup menguat 0,28% di level 6.376,75.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG
Proyeksi IHSG besok Kamis 4 maret 2021, IHSG Rabu 3 Maret 2021 ditutup menguat 0,28% di level 6.376,75. 

TRIBUNBATAM.id - Proyeksi IHSG besok Kamis 4 maret 2021,

IHSG Rabu 3 Maret 2021 ditutup menguat 0,28% di level 6.376,75.

Sebanyak 212 saham menguat, 268 saham bergerak melemah, dan 160 saham stagnan.

Pada perdagangan hari ini, investor asing membukukan pembelian bersih atawa net buy Rp 356,30 miliar di seluruh pasar.

Analis BCA Sekuritas Achmad Yaki mengatakan, penguatan IHSG kali ini didorong dari optimisme pasar akan beberapa kebijakan stimulus pemerintah terkait LTV, DP KKB, dan pajak dividen.

Untuk perdagangan besok, ia memproyeksi IHSG akan dipengaruhi oleh fluktuasi harga minyak. "Volatilitas harga minyak terjadi karena belum adanya kesepakatan antara Arab Saudi dan Rusia di OPEC+ dan nanti malam rilis persediaan minyak di Amerika Serikat (AS)," kata dia kepada Kontan.co.id, Rabu (3/3).

Selain harga minyak, IHSG juga akan dipengaruhi oleh kebijakan stimulus pemeritah dan pergerakan nilai tukar rupiah.

Selain itu, optimisme IMF terkait loan growth perbankan Indonesia, perkembangan bank digital dan rumor aksi akuisisi dan merger juga menjadi katalis tambahan bagi pergerakan IHSG besok. Karenanya, Yaki menyebut saham-saham perbankan menarik diamati untuk momentum trading.

BCA Sekuritas memproyeksikan IHSG masih akan berfluktuasi dalam rentang 6.279-6.430 pada Kamis (4/3). Namun, ia bilang pergerakannya rawan profit taking dan cenderung sell on strength kecuali jika IHSG mampu naik ke atas 6.430.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama bilang, pergerakan IHSG masih menanti penetapan Senat AS terkait mengesahkan paket stimulus bantuan Covid-19 dari Presiden AS Joe Biden senilai US$ 1,9 triliun.

Kemudian, rilis data dari Amerika Serikat (AS) terkait ISM Services PMI maupun US Final Services PMI yang diprediksikan terus ekspansif ikut . "Harapan terkait recovery perekonomian global masih terbuka," ujarnya.

Secara teknikal, Nafan bilang, IHSG bergerak berdasarkan rasio fibonacci dengan level suport maupun resisten berada pada 6.256,03 hingga 6.455,53. Sementara indikator MACD, stochastic dan RSI masih menunjukkan sinyal positif. 

Di sisi lain, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga ke depannya dapat berpeluang menuju ke resisten terdekat.

Binaartha Sekuritas pun merekomendasikan saham BBNI, LPKR, LSIP, MEDC, PTRO, WEGE, dan WIKA untuk dicermati pada perdagangan besok.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved