Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Bakamla RI Bentuk Relawan Penjaga Laut Nusantara di Karimun, Apa Tugasnya?

Pembentukan relawan penjagaan laut nusantara di Karimun termasuk bagian dari peran penguatan di bidang keamanan terhadap wilayah laut oleh Bakamla

tribunbatam.id/Yeni Hartati
Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) membentuk relawan penjagaan laut nusantara di wilayah perairan Karimun 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) membentuk relawan penjagaan laut nusantara di wilayah perairan Karimun, Rabu (3/3/2021).

Kegiatan dihadiri Dir Kerja sama Bakamla RI, Kabid Inhukes Kamla Zona Maritim Barat, Kasubid Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut Bakamla, serta instansi pemerintah Kabupaten Karimun lainnya.

Dibentuknya relawan penjagaan laut nusantara ini, bagian dari peran penguatan di bidang keamanan terhadap wilayah laut Karimun yang berada di titik geografis strategis.

Direktur Kerja sama Bakamla RI, Laksma Retiono Kunto mengatakan, kondisi strategis yang dimiliki Kabupaten berjuluk bumi berazam ini, menjadi tantangan tersendiri dari potensi dan aktivitas kejahatan di laut.

Wilayah Karimun dilintasi selat internasional yaitu Selat Malaka, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura.

Baca juga: Update Kasus 2 Kapal Raksasa Tangkapan Bakamla, Menhub Budi Karya Sumadi Datang ke Batam

Baca juga: BAKAMLA CURIGAI KAPAL CHINA, Maunya Apa? Kepergok Masuk Laut Indonesia: Ada Niat Tanda Kutip Negatif

"Sehingga rawan terjadi pelanggaran batas maritim disertai kegiatan ilegal lainnya seperti pencurian ikan oleh kapal ikan asing, penyelundupan barang dan tenaga kerja ilegal," katanya.

Menurutnya, potensi lain yang sangat sentral untuk dilakukan pengamanan melekat adalah keberadaan pelabuhan tikus. Keberadaan pelabuhan-pelabuhan tersebut kerap dimanfaatkan sebagai akses untuk tindakan yang melanggar hukum.

"Maka Bakamla RI memandang perlu untuk segera membentuk Relawan Penjaga Laut (Rapala) Nusantara di Karimun yang berasal dari kelompok profesi atau komunitas masyarakat dan penggiat sosial lingkungan," jelasnya.

Dengan begitu, dibentuknya relawan ini menjadi bagian dari tanggungjawab Bakamla, sesuai UU Nomor 32 tahun 2014 tentang Kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178 tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut.

"Bakamla RI merupakan Lembaga pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden, dengan tugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yuridiksi Indonesia," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Yeni Hartati
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved