Breaking News:

Sri Paus Tahbiskan Fransiskus Tuaman Sinaga Jadi Uskup Keuskupan Sibolga

Fransiskus Tuaman Sinaga, Pr Diangkat sebagai Uskup Sibolga. Pengangkatan langsung dari Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Sri Paus

ist
Uskup Keuskupan Sibolga, Fransiskus Tuaman Sinaga, Pr yang baru diangkat oleh Pemimpi Gereja Katolik Dunia, Sri Paus 

SIBOLGA, TRIBUNBATAM.id - Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Sri Paus Fransiskus menununjuk Fransiskus Tuaman Sinaga, Pr sebagai Uskup Keuskupan Sibolga.

Dengan demikian, Bapa Uskup Fransiskus Tuaman Sinaga, Pr akan menggembalai  wilayah Pulau Nias, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, dan Kota Padangsidempuan di Sumatera Utara.

Baca juga: CARA Umat Katolik Terima Abu pada Misa Virtual Hari Rabu Abu

Uskup Fransiskus Tuaman Sinaga, Pr dipilih Sabtu (6/3/2021) pukul 18.00 WIB.

Kabar terpilihnya Fransiskus Tuaman Sinaga tersebut dibenarkan oleh Sekjen Keuskupan Sibolga Pastor Blasius Yesse saat dikonfirmasi oleh Tribunmedan.id (grup tribunbatam.id) pada Sabtu (6/3/2021).

Baca juga: DOA, Bacaan dan Renungan Harian Katolik, Jumat, 5 Maret 2021: Iri Hati Buatmu Jatuh dalam Dosa

"Jadi pengumuman resminya pada pukul 12.00 Waktu Roma, dan di sini itu pukul 18.00 WIB. Dengan pengumuman resmi itu, kita bawakan dalam doa angelus pada pukul 18.00 WIB dan itu kita lakukan di dua tempat yakni gereja katedral dan di Gereja Santa Maria Ibu Para Bangsa Gunung Sitoli," ujar Sekjen Keuskupan Sibolga Pastor Blasius Yesse saat dikonfirmasi oleh Tribunmedan.id pada Sabtu (6/3/2021).

Sebelum ditunjuk menjabat sebagai Uskup Sibolga, Fransiskus Tuaman Sinaga adalah Ketua Sekolah Tinggi Pastoral Dian Mandala Gunungsitoli, Pulau Nias.

Baca juga: Makna Rabu Abu bagi Umat Katolik Pra Paskah, Apa Itu?

Fransiskus Tuaman Sinaga mengenyam pendidikan sarjana di Universitas Katolik Santo Thomas dan magister di Pontificia Universitas Urbaniana.

Kurang lebih dua tahun, umat Katolik Keuskupan Sibolga menanti uskup yang baru sejak kematian Mgr Ludovikus Simanullang pada tanggal 20 September 2018.

Baca juga: DOA, Bacaan dan Renungan Harian Katolik, Selasa, 2 Maret 2021: Perkataan, Perbuatan Harus Kristiani

"Atas penugasan dari nuntius diumumkan di dua tempat itu. Mgr Ludovikus meninggal pada tanggal 20 September 2018, itu berarti lebih dari dua tahun," sambungnya.

Setelah Mgr Ludovikus Simanullang meninggal, pihak Vatikan menghunjuk Mgr Anicetus Sinaga menjadi administrator apostolik.

Halaman
123
Editor: Filemon Halawa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved