Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Anambas Punya Rumah Tahfidz Alquran di Arung Hijau Kecamatan Siantan Selatan

Rumah Tahfidz Alquran Babussalam Perbatasan hadir di Anambas dan menjangkau para anak-anak perbatasan untuk dapat belajar dan menghafal Alquran

tribunbatam.id/Rahma Tika
Rumah Tahfidz Alquran Babussalam Perbatasan menampung 32 murid untuk menghafal Alquran. Lokasinya di Arung Hijau, Kecamatan Siantan Selatan 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Tahukah kamu, selain pendidikan formal, Kepulauan Anambas juga punya rumah tahfidz Alquran?

Ya, Rumah Tahfidz Alquran Babussalam Perbatasan kini hadir di Anambas dan menjangkau para anak-anak perbatasan untuk dapat belajar dan menghafal Alquran, selain mendapat pendidikan formal.

Lokasi rumah tahfidz ini berada di Arung Hijau, Kecamatan Siantan Selatan, Anambas.

Pengelola Rumah Tahfidz Alquran Babussalam Perbatasan, Hedtiandri menuturkan, program utama hadirnya rumah tahfidz ini untuk memberikan pelajaran bahasa Arab dan menghafal ayat pendek dimulai dari juz 30.

"Pengajarnya sendiri dari pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di SMKN 4 Anambas, kemudian ada dari Kadus, dan guru ngaji di masjid," kata Hedtiandri, pada Senin (8/3/2021).

Baca juga: Abdul Haris dan Wan Zuhendra Pimpin Anambas Lagi, Ikuti Tepuk Tepung Tawar Khas Melayu

Baca juga: Pak Gubernur Kepri, Kapan Datang ke Anambas, Harapan Warga ke Ansar Ahmad-Marlin Agustina

Saat ini rumah tahfidz sudah merangkul 32 murid dari kelas 2 SD dan kelas 3 SD.

Rumah tahfidz ini dikelola dan didirikan oleh Yayasan Peduli Desa Tiangau. Selain rumah tahfidz, bangunan pendidikan yang sudah ada di Desa Arung Hijau ada Digital English club (DEC) yang dibuka dua kali seminggu. Begitupun dengan pembelajaran tahfidz Alquran yang diadakan dua kali seminggu.

"Dengan adanya perkembangan kemajuan teknologi saat ini, diharapkan anak-anak dapat menyeimbangkan dengan menghafal AlQuran. Kelak mereka yang akan menjadi pemimpin di masa datang," harapnya.

Ia melanjutkan, nanti para anak-anak ini akan menghafal ayat-ayat pendek dari juz 30, kemudian akan disetorkan setiap minggunya oleh pengajar.

Untuk membangkitkan semangat anak dalam menghafal Alquran, para pengajar akan menyediakan hadiah bagi anak-anak yang berhasil mencapai target tertentu.

(Tribunbatam.id/Rahma Tika)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved