Breaking News:

LINGGA TERKINI

STQ Tingkat Kabupaten Lingga Bakal Digelar Sederhana, Ini Aturan Baru di Masa Covid19

Penyelenggaraan STQ tingkat Kabupaten Lingga tahun 2021 akan digelar berbeda, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Ini aturan barunya

tribunbatam.id/istimewa
Astaka STQ tingkat Kabupaten Lingga yang hampir selesai di halaman Kantor Bupati Lingga, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau rencananya mulai dilaksanakan Kamis, (11/3/2021).

Sebelumnya, Bupati Lingga Muhammad Nizar dan Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy telah membahas persiapan STQ dalam rapat koordinasi yang digelar secara virtual, Senin (8/3/2021).

“Sebentar lagi kita akan menggelar STQ. Saya harap kesiapan kegiatan ini bisa dipertajam dan dimaksimalkan, dengan tetap menjaga protokol covid-19. Jadi meskipun dalam kondisi seperti ini, kegiatan keagamaan harus bisa berjalan,” kata Nizar dalam rapat itu.

Diketahui, penyelenggaraan STQ tingkat Kabupaten Lingga ini akan digelar berbeda, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Walaupun saat ini Kabupaten Lingga tercatat nihil kasus aktif Covid-19, namun kegiatan tetap mengacu pada protokol kesehatan dan dibuat sesederhana mungkin.

Baca juga: STQ Kecamatan Batuampar Resmi Dibuka, Sekda Batam Jefridin Sampaikan Pesan lewat Pantun

Baca juga: Anggota Polisi Ini Juara 1 Tilawah, STQ di Lingga Tingkat Kecamatan Katang Bidare

Pawai taaruf dan pameran ditiadakan. Kemudian, pedagang juga dilarang membuka stan atau lapak dagangan di sekitaran arena utama STQ IX tersebut.

“Karena dalam kondisi pandemi, maka acara seremonial dibatasi. Jadi, pawai taaruf, malam taaruf, stan bazar, penggembira, serta lomba rebana ditiadakan,” kata Kabag Kesra Setda Lingga, Jaya Atmajaria kepada awak media.

Jaya Atmajaria melanjutkan, STQ IX ini akan mengusung tema "Melalui STQ IX Kita Jadikan Al Qur'an Sebagai Obat dan Rahmat dalam Menghadapi Persoalan Umat di Masa Pandemi Menuju Masyarakat Yang Beriman dan Bertaqwa".

“Pada STQ IX ini, pedagang tidak dibenarkan membuka lapak atau kios di area STQ. Mulai dari Jalan Istana Robat, serta Jalan Istana Kota Baru atau Komplek Perkantoran Pemkab Lingga. Mudah-mudahan dapat dimengerti oleh pedagang,” kata Jaya.

Ia menjelaskan, Pemkab Lingga juga telah mengeluarkan surat imbauan. Salah satu poinnya mengimbau agar masyarakat tidak membuat atau mendirikan bazar atau lapak berjualan di arena pelaksanaan STQ IX, maupun jalan protokol selama kegiatan berlangsung.

Petugas keamanan pun diminta untuk melakukan pengawasan dan menjalankan imbauan tersebut.

“Kami berharap, meskipun pelaksanaan STQ kali ini di tengah pandemi Covid-19, semoga bisa berjalan lancar. Tak lupa harapan kami agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama berlangsungnya kegiatan ini,” ucap Jaya.

(TribunBatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Penulis: Febriyuanda
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved