Breaking News:

Jokowi vs SBY di Pilpres 2024? Begini Pandangan Refly Harun Soal Presiden 3 Periode

Politikus senior Amien Rais curiga ada skenario agar Presiden Jokowi bisa menjabat 3 periode. Simak pandangan pakar hukum Refly Harun

ist
Refly Harun 

TRIBUNBATAM.id - Politikus senior Amien Rais curiga ada skenario agar Presiden Jokowi bisa menjabat 3 periode. Simak pandangan pakar hukum Refly Harun soal kemungkinan Jokowi vs SBY di Pilpres 2024.

Sebelumnya Amien menjelaskan, ada manuver politik yang dilakukan pemerintah untuk mencengkeram atau mengamankan lembaga-lembaga tinggi negara.

Manuver tersebut, kata Amien, salah satunya terlihat dari keinginan pemerintah menghapus prinsip-prinsip dasar negara yang terkandung dalam Pancasila.

Keinginan pemerintah itu, kata Amien, juga didukung oleh kekuatan politik dan keuangan yang besar.

"Yang lebih penting lagi dan paling berbahaya adalah ada usaha yang betul-betul luar biasa, skenario politik, dan backup keuangannya," kata  Amien Rais melalui video yang ditayangkan di akun YouTube pribadinya, yang dikutip pada Minggu (14/3/2021).

Adapun lembaga-lembaga tinggi tersebut antara lain DPR, MPR, DPD dan lembaga tinggi lainnya. Tak hanya itu bahkan juga melibatkan TNI dan Polri.

Baca juga: Ada Skenario Jokowi Bakal Terpilih 3 Periode, Berikut Tanda-tandanya Menurut Amien Rais

"(Mereka) diajak main politik dengan selera rezim," ucap  Amien Rais.

Lebih lanjut,  Amien Rais menilai kecurigaannya terkait hal itu, saat ini sedikit demi sedikit mulai terlihat jelas lewat sejumlah manuver politik.

"Jadi, sekarang sudah ada semacam publik opini yang semula samar-samar, tapi sekarang makin jelas ke arah mana rezim Jokowi ini melihat masa depannya," ujarnya.

Tokoh nasional, Amien Rais
Tokoh nasional, Amien Rais (Youtube Amien Rais official)

Lewat manuver politik itu, kata dia, pemerintah akan mengambil langkah pertama dengan meminta MPR menggelar sidang istimewa.

Sidang tersebut, lanjut Amien, nantinya akan menawarkan presiden dapat kembali terpilih pada periode ketiga.

"Jadi mereka akan mengambil langkah pertama, meminta sidang istimewa MPR yang mungkin satu atau dua pasal yang katanya perlu diperbaiki, yang mana saya juga tidak tahu," tutur Amien.

"Tapi kemudian akan ditawarkan pasal baru dan memberikan hak bahwa presiden bisa dipilih 3 kali."

Amien menambahkan, dirinya tidak bisa membayangkan jika hal tersebut benar-benar terjadi di negara ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved