Breaking News:

Optimisme untuk Menggeliatkan Perekonomian Batam

Walikota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, menyampaikan optimisme kebangkitan perekonomian Batam di tahun 2021

Humas BP Batam
Muhammad Rudi, Walikota Batam/Kepala BP Batam 

TRIBUNBATAM.id - Walikota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, menyampaikan optimisme kebangkitan perekonomian Batam di tahun 2021 melalui berbagai gebrakan-gebrakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusahaan Batam.

“Pembangunan infrastruktur terus digesa, baik infrastruktur jalan, pelabuhan, bandara, dan fasilitas wisata, seperti Taman Rusa dan Taman Danau Teratai Sekupang yang terpadu dengan KEK Kesehatan Sekupang,” kata Muhammad Rudi.

Kepala BP Batam menambahkan, dengan rencana distribusi vaksin untuk kebutuhan seluruh penduduk Batam, pada Juni 2021 nanti, akan menambah keyakinan masyarakat untuk beraktifitas.

“Tentunya tidak sebebas dulu, namun tetap menjaga protokol kesehatan. Ini optimisme untuk menggeliatkan lagi perekonomian Batam ke depan,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi, yang juga merupakan Kepala BP Batam.

Muhammad Rudi, juga mengemukakan, BP Batam juga terus berupaya mencari terobosan agar kegiatan logistik (pengiriman kargo) di Batam, baik melalui pelabuhan laut maupun bandara, bisa terus berjalan saat pandemi.

“Kami ingin support dan bergandengan tangan bersama para pelaku usaha dan stakeholders untuk meningkatkan investasi dan ekonomi di Batam. Karena ini merupakan tugas utama bagi BP Batam.

Sebagaimana kita ketahui semua fasilitas yang ada di BP Batam diperuntukkan, tujuan utamanya, untuk pertumbuhan investasi dan pertumbuhan ekonomi,” ujar Muhammad Rudi.

Rencana BP Batam mengembangkan jalur logistik udara untuk menekan biaya produksi dan meningkatkan daya saing industri yang ada di Batam.

Bandara Hang Nadim Batam merupakan salah satu bandara kelas utama di Indonesia, dengan total luas lahan 1.762 Ha dan gedung terminal penumpang seluas 30.000 m2, terminal kargo 1.685 m2.

Bandara Hang Nadim juga memiliki landasan pacu/runway terpanjang di Indonesia dengan panjang 4.025 meter dengan lebar 45 meter yang mana sanggup untuk disinggahi pesawat berbadan lebar.

“Ke depannya kami akan mengembangkan lagi dengan berusaha membuka rute penerbangan internasional ke berbagai negara.

Dari sisi kargo, Bandara Hang Nadim pada tahun 2020 melayani kargo sebesar 24.201 ton, pergerakan kargo ini tidak lepas dari perusahaan-perusahaan di Batam yang melakukan pengiriman melalui Bandara Hang Nadim,” kata Kepala BP Batam.

Sejumlah pihak pun menyambut baik optimisme yang disampaikan oleh Walikota Batam/Kepala BP Batam.

Garuda Indonesia siap untuk mendukung program BP Batam dalam meningkatkan pertumbuhan investasi dan ekonomi melalui program kegiatan ekspor dan impor di Bandara Hang Nadim Batam.

Pertamina melihat potensi dan celah yang dapat ditingkatkan dan mendukung program BP Batam dalam meningkatkan dan menurunkan biaya ekspor dan impor melalui Bandara Hang Nadim Batam

Dalam hal ini, Infineon berharap program rencana kegiatan ekspor dan impor melalui Bandara Hang Nadim Batam dapat terealisasi, karena itu akan menekan biaya dan waktu transit lebih rendah

Semua perijinan dokumen sudah terlaksana dengan baik karena dilakukan secara online (automatic) sehingga mempermudah kinerja Ditjen Bea dan Cukai

Pengelola Bandara Hang Nadim Batam sendiri sangat optimis dapat menjalankan program peningkatan kegiatan ekspor dan impor melalui Bandara Hang Nadim, khususnya tujuan luar negeri. (adv)

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved