Breaking News:

Amerika Serikat Khawatir AstraZeneca Pakai Informasi 'Basi' untuk Uji Coba Vaksinnya

Berita itu muncul ketika Eropa terus berselisih mengenai suplai vaksin. Sejumlah negara Eropa juga khawatir efek samping berupa pembekuan darah dari..

IST
Telah masuk Indonesia dan dapat izin BPOM, kenali gejala dan efek samping vaksin AstraZeneca untuk Covid-19. FOTO: ILUSTRASI VAKSIN 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON - Lembaga kesehatan Amerika Serikat (AS) khawatir AstraZeneca menggunakan informasi usang atau kadaluarsa mengenai uji coba vaksin Covid-19, sehari setelah perusahaan farmasi itu mengklaim vaksinnya efektif untuk segala usia. 

Kekhawatiran itu disampaikan Institut Nasional untuk Penyakit Alergi dan Infeksi (NIAID). 

"Menyatakan keprihatinan bahwa AstraZeneca mungkin telah memasukkan informasi yang sudah basi dari uji coba itu, yang mungkin memberikan penilaian tak lengkap mengenai data efikasi," kata lembaga tersebut, dikutip AFP, Selasa (23/3/2021). 

"Kami mendesak perusahaan untuk bekerja sama dengan DSMB (Dewan Pemantau Keamanan dan Data) agar meninjau dan memastikan data efektivitas yang paling akurat dan terbaru, serta dapat dipublikasikan secepat mungkin." 

Berita itu muncul ketika Eropa terus berselisih mengenai suplai vaksin. Sejumlah negara Eropa juga khawatir efek akan samping berupa pembekuan darah dari vaksin AstraZeneca.

Baca juga: Saling Usir, Malaysia-Korea Utara Resmi Putus Hubungan Diplomatik, Begini Kronologinya

Sebelumnya AstraZeneca mengklaim vaksin buatannya 79 persen efektif mencegah Covid-19 pada lansia dan tidak meningkatkan risiko pembekuan darah. Hasil itu diketahui setelah uji coba fase III di Amerika Serikat.

"Uji coba fase III menghasilkan 79 persen efektif mencegah gejala Covid-19 dan 100 persen efektif mencegah penyakit yang parah," kata pihak perusahaan.

Uji coba itu melibatkan 32.449 peserta, dengan dua pertiganya menerima suntikan vaksin AstraZeneca.

Para peserta, sekitar 20 persen berusia 65 tahun atau lebih. Sekitar 60 persen peserta uji coba memiliki kondisi kesehatan yang terkait dengan risiko Covid-19 seperti diabetes, obesitas parah, atau penyakit jantung. (*)

Simak berita terbaru lainnya di Google News

Berita Tentang Vaksin AstraZeneca

Baca juga: Pengusaha Kepri Minta Kejelasan Soal Vaksin Covid-19, Diharapkan WNA Masuk Batam Tanpa Karantina

Baca juga: Pernah Alami Mimpi Jatuh ke Dalam Sumur? Menurut Primbon Jawa Ada Pertanda yang Tidak Baik

Baca juga: Kisah Suami Nitip Istri yang Tengah Mabuk Berat ke Teman, Namun Penyelesan Seumur Hidup Tiba

Baca juga: Apa Itu Sariawan? Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Editor: Lia Sisvita Dinatri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved