Breaking News:

Dampak Vaksinasi Corona, BI Kepri Sebut Ekonomi Global Mulai Membaik

Tren ekonomi global, diakui BI Kepri membaik dibanding tahun 2020. Kondisi ini dipengaruhi oleh program vaksinasi corona.

TribunBatam.id/Rebekha Ashari Diana Putri
Forum Ekonomi Kepri (FEKRI) Vol. 1 dengan tema “Sinergi Memperkuat Pemulihan Ekonomi Kepri, Selasa (23/3/2021). BI Kepri menyebut ekonomi global mulai membaik. Kondisi ini banyak dipengaruhi oleh program vaksinasi corona. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Program vaksinasi corona di Indonesia diklaim punya pengaruh terhadap kondisi ekonomi secara global. 

Program vaksinasi corona di Kepri ini, diakui Kepala Perwakilan Kantor BI Kepri di Batam, Musni Hardi K Atmaja memberi respon positif terkait vaksinasi corona.

Kondisi ini berimbas pada terkoreksinya perkiraan ekonomi global.

Pada tahun 2021, pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat terkoreksi dari 4,3 persen menjadi 4,7. Dan 5,0 persen menjadi 4,5 persen di Eropa.

“Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi secara global atau di dunia tahun 2021 diperkirakan lebih baik dari sebelumnya.

VAKSINASI CORONA - Anak Buah Kapal/ ABK PT PELNI (Persero) masuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 tahap kedua. Foto Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyaksikan ABK KM Kelud saat mendapat vaksinasi corona di Jakarta, Jumat (19/3/2020).
VAKSINASI CORONA - Anak Buah Kapal/ ABK PT PELNI (Persero) masuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 tahap kedua. Foto Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyaksikan ABK KM Kelud saat mendapat vaksinasi corona di Jakarta, Jumat (19/3/2020). (TribunBatam.id/Istimewa)

Trennya telah membaik dibandingkan tahun 2020.

Perbaikan ini juga terlihat dari volume perdagangan dan harga komoditas dunia yang mengalami peningkatan dan menunjukkan angka positif,” jelas Musni Hardi K Atmaja, Selasa (23/3/2021).

Saat menjadi narasumber di Forum Ekonomi Kepri (FEKRI) Vol. 1 dengan tema “Sinergi Memperkuat Pemulihan Ekonomi Kepri yang digelar secara daring, kondisi ini diakuinya juga mendongkrak indeks ekspor Indonesia yang diketahui mengalami pertumbuhan dan perbaikan di 2021 secara nasional.

Seiring program vaksinasi nasional dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan yang diharapkan dapat mendukung progres pemulihan ekonomi domestik.

“Oleh karena itu, Bank Indonesia memperkirakan ekonomi Indonesia pada tahun 2021 akan meningkat di kisaran 4,3 – 5,3 persen,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved