Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Laki-laki & Perempuan Punya Kesempatan Sama, Wakil Bupati Anambas Ikuti APE Bahas Kesetaraan Gender

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengikuti kegiatan verifikasi lapangan anugerah Parahita Ekaparya (APE) secara virtual.

TRIBUNBATAM.id/RAHMA TIKA
Wakil Bupati Kepulauan Anambas bersama FKPD mengikuti kegiatan verifikasi lapangan anugerah Parahita Ekaparya (APE) secara virtual. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengikuti kegiatan verifikasi lapangan anugerah Parahita Ekaparya (APE) secara virtual.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Wan Zuhendra mengatakan bahwa kegiatan ini tujuannya untuk melihat lebih lanjut data dan informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi.

"Tim verifikasi dapat memperoleh data dan informasi yang kongkrit dan valid untuk bahan pertimbangan dan penyusunan indeks  persamaan gender dalam menentukan calon penerima anugerah APE," ujar Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, pada Rabu (31/3/2021).

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan mewujudkan kesetaraan gender.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas komitmen serta peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Baca juga: Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Tarempa Anambas Sepi Akibat Corona

"Keadilan gender merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalam setiap aktivitas pembangunan, hal ini merupakan salah satu tujuan utama pembangunan global," kata Wan.

Di mana laki-laki dan perempuan mempunyai kesempatan yang sama dan dapat dilibatkan secara optimal dalam pembangunan dengan mengedepankan prinsip kesetaraan.

"Karena itu keadilan gender harus jadi kebijakan untuk melaksanakan pembangunan daerah," jelasnya.

Masih kata Wan, bahwa keadilan gender dijadikan salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan suatu daerah, dilihat dari indeks pembangunan manusia, indeks pembangunan gender dan pemberdayaan gender.

Dalam hal ini tentunya pemerintah juga mendorong keterlibatan dunia usaha dan lembaga masyarakat agar mendukung percepatan pelaksanaan penyetaraan gender di Kepulauan Anambas.

"Kita akan berkomitmen untuk mewujudkan Kepulauan Anambas yang berdaya saing maju dan responsif pada kesetaraan gender," katanya.  (Tribunbatam.id/Rahma Tika)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Anambas

Penulis: Rahma Tika
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved