Breaking News:

DATA FACEBOOK BOCOR

GAWAT: Data 533 Juta Pengguna Facebook Bocor Termasuk Indonesia, Segera Cek Facebook Kamu

Lebih dari 533 juta pengguna Facebook atau FB dari 106 negara dilaporkan telah bocor dan beredar di internet.

ist
GAWAT: Data 533 Juta Pengguna Facebook Bocor Termasuk Indonesia, Segera Cek Facebook Kamu (foto : ilustrasi) 

TRIBUNBATAM.id - Gawat! dilaporkan, lebih dari 533 juta pengguna Facebook atau FB dari 106 negara dilaporkan telah bocor dan beredar di internet.

Kebocoran data menjadi hal yang kerap terjadi di era yang serba internet ini. 

Pengguna Facebook yang paling banyak terdampak berasal dari negara Mesir (44,8 juta), Tunisia (39,5 juta), Italia (35,6 juta), dan Amerika Serikat (32,3 juta).

Ibu Ini Kaget Putrinya Selama 2 Tahun Disembunyikan Sosok Ini, Ketahuan dari Unggahan Facebook

Ratusan data pengguna ini disebarkan oleh seorang pengguna di forum peretas amatir secara gratis baru-baru ini. Hal ini membuat ratusan juta data tersebut tersedia secara luas bagi siapapun yang mengaksesnya.

Sejumlah pengguna Facebook asal Indonesia tak luput jadi korban dari kebocoran data ini, jumlah mencapai 130.000 pengguna.

Data pribadi yang bocor meliputi informasi nama lengkap, nomor telepon, lokasi, tanggal lahir, ID Facebook, gender, pekerjaan, asal negara, status pernikahan, hingga alamat e-mail.

Facebook sendiri melalui juru bicaranya telah mengonfirmasi kebocoran data ini.

Inggris, Kanada dan Amerika Serikat Tuding Rusia Retas Informasi Vaksin Covid-19

Menurut juru bicara Facebook, ratusan juta data pengguna ini bocor karena adanya kerentanan keamanan yang dialami Facebook. Kerentanan ini sendiri sudah ditambal pada 2019 lalu.

Kendati kebocoran data sudah terjadi dua tahun yang lalu, masih ada ancaman kejahatan siber yang mengintai para pengguna Facebook yang jadi korban kebocoran data ini.

Begitulah menurut Chief Technology Officer (CTO) dari firma intelije kejahatan siber Hudson Rock, Alon Gal, yang juga orang pertama yang menemukan kebocoran data ini di internet pada Januari lalu.

Halaman
123
Editor: Filemon Halawa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved