Breaking News:

Fakta-fakta soal Bibit Siklon Tropis 99S atau Seroja Penyebab Bencana di NTT, Begini Penjelasan BMKG

Siklon tropis 99S diberi nama "Seroja" oleh Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta

Editor: Aminudin
Gowest.id/BMKG
Ilustrasi - Siklon Tropis Kenanga Muncul 15-16 Desember di Wilayah Indonesia, BMKG Imbau Masyarakat Waspada 

TRIBUNBATAM.id -  Bencana banjir bandang dan tanah longsor di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebabkan 60 orang lebih tewas dan puluhan lainnya belum ditemukan.

Penyebab terjadinya bencana besar di daerah NTT tersebut adalah kemunculan bibit siklon tropis 99S di perairan kepulauan Rote.

Siklon tropis 99S ini diberi nama "Seroja" oleh Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta.

"Saat bibit saja sudah menimbulkan bencana, apabila benar-benar menjadi siklon, maka dikhawatirkan akan meningkatkan tingkat risikonya," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers daring, Minggu (4/4/2021).

Banjir memporakporandakan rumah warga di Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu, 4 April 2021.
Banjir memporakporandakan rumah warga di Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu, 4 April 2021. (Dokumen warga/istimewa via kompas.com)

Berdasarkan analisis terbaru tanggal 04 April 2021 pukul 19.00 WIB, bibit siklon tropis 99S berada di posisi Perairan Kep. Rote, Nusa Tenggara Timur, 10.3LS, 123.5BT (sekitar 24 km sebelah barat daya Kupang)

Arah pergerakan sistem ke arah Timur hingga timur laut dengan kecepatan 3 knots (6 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Kecepatan angin maksimum disekitar sistemnya adalah 30 knots (55 km/jam) dengan tekanan di pusat sistemnya mencapai 996 hPa.

Diperkirakan intensitas Bibit Siklon Tropis 99S masih akan menguat dan mencapai intensitas siklon tropis pada dini hingga pagi hari (6-12 jam kedepan) sekitar jam 18 UTC atau 01.00 WIB tanggal 05 April 2021.

Mengingat, sistem siklon tropis tersebut masih berada di wilayah tanggungjawab Jakarta TCWC, maka nama siklon tropis yang akan diberikan adalah "SEROJA" sesuai dengan urutan nama siklon tropis dari BMKG secara internasional.

BMKG telah mengeluarkan rilis informasi potensi cuaca ekstrem sebagai dampak dari bibit siklon tersebut sejak tanggal 2 April 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved