Breaking News:

NATUNA TERKINI

Pemkab Natuna Buka Pendaftaran Bantuan untuk UMKM, Berikut Syaratnya

Disperindagkop Natuna mulai mendata UMKM di Natuna pada bulan ini yang akan diusulkan ke kementerian.

TribunBatam.id/Istimewa
Pemkab Natuna Buka Pendaftaran Bantuan untuk UMKM, Berikut Syaratnya. Foto Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Natuna, Agus Supardi. 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Ini mungkin kabar gembira bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah/ UMKM di Natuna.

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) segera menyalurkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM.

Besaran bantuan yang akan disalurkan adalah Rp 1,2 juta sesuai dalam Peraturan Kemenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi atau Disperindagkop Natuna, Agus Supardi mengatakan, untuk menyambut BLT UMKM itu, pihaknya sudah mulai mendata pada April ini untuk data baru yang akan diusulkan ke kementerian.

"Artinya bagi UMKM yang belum pernah mendapat bantuan BPUM sangat diprioritaskan.

Bea Cukai Batam Gandeng UMKM, Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional. Foto diskusi Bea Cukai Batam bersama UMKM dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bea Cukai Batam berikan kesempatan bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka di Koperasi Bina Cipta Bea Cukai Batam tanpa dikenai pemotongan nilai jual.
Bea Cukai Batam Gandeng UMKM, Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional. Foto diskusi Bea Cukai Batam bersama UMKM dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bea Cukai Batam berikan kesempatan bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka di Koperasi Bina Cipta Bea Cukai Batam tanpa dikenai pemotongan nilai jual. (TribunBatam.id/Istimewa)

Untuk yang sudah pernah dapat di tahun 2020 tidak akan diusulkan lagi," kata Agus, Senin (5/4/2021).

Agus menjelaskan adapun serentetan syarat bagi UMKM untuk mendapatkan BPUM yaitu, wajib memiliki usaha, memiliki KTP Natuna, mencantumkan nomor HP yang aktif, memiliki NIB atau surat keterangan usaha dan tidak sedang memiliki pinjaman KUR di Bank.

Ia melanjutkan bahwa pada tahun 2020 lalu, sebanyak 14 ribu data UMKM dari Natuna sudah dikirimkan ke pihak kementerian.

Dan yang berhasil dicairkan sebanyak 3 ribuan lebih.

Dengan dibuka kembalinya program BPUM ini diharapkan masyarakat khususnya yang memiliki usaha mikro bisa memanfaatkan program ini dengan baik.

Baca juga: Diskominfo Natuna Siap Bangun 17 Tower, Program Gubernur Kepri dan BAKTI Kominfo

Baca juga: Pemkab Natuna Punya Program Kunjungan Keluarga untuk ODGJ

"Terutama bagi UMKM di Natuna yang belum pernah menerima bantuan pada tahun 2020 lalu," sebutnya.(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Natuna

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved