Breaking News:

109 WNI dari Malaysia Dipulangkan ke Indonesia lewat Pelabuhan SBP Tanjungpinang Hari Ini

Pemerintah Malaysia memulangkan 109 WNI ke Indonesia lewat Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kamis (8/4)

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Ratusan WNI yang dipulangkan dari Malaysia tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang dengan memakai kapal Mitra Indah 99, Kamis (8/4/2021) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 109 Warga Negara Indonesia (WNI) akhirnya dipulangkan ke Indonesia, Kamis (8/4/2021) dari Malaysia.

Itu mengingat kapasitas Detensi Tahanan Imigrasi (DTI) Pekan Nenas di Malaysia yang telah melebihi daya tampung blok tahanan.

Ratusan WNI itu dipulangkan ke Indonesia lewat Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

WNI tersebut tiba di Tanjungpinang sekira pukul 15.00 WIB menumpangi kapal Mitra Indah 99 dari Pelabuhan Pasir Gudang Johor, Malaysia.

Pantauan Tribunbatam.id, sejumlah Satgas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang, terlihat melakukan serangkaian protokol kesehatan (prokes) hingga test PCR bagi WNI yang tiba secara bergantian.

Baca juga: Polres Karimun Gerebek Tempat Penampungan TKI Ilegal, 1 Orang Bayar Rp 4 Juta ke Malaysia

Baca juga: Bandel, KKP Surati Dubes Vietnam dan Malaysia, Soal Kapal Ikan Asing Pelaku Illegal Fishing

Selain itu, dilakukan pula pemeriksaan barang bawaan dan tubuh oleh petugas.

Koordinator Rehabilitasi Sosial, Tuna-Sosial dan Korban Perdagangan Orang, Kementerian Sosial RI, Pitter Matakena menyampaikan, ada 76 laki-laki dan 34 perempuan TKI yang dipulangkan oleh Pemerintah Malaysia.

Ia mengatakan, awalnya ada sebanyak 110 TKI yang direncanakan pulang ke Indonesia. Namun karena sakit satu orang berjenis kelamin laki-laki, terpaksa dibatalkan keberangkatannya.

"Awalnya ada 110, cuma ada satu yang sakit jadi 109 yang berangkat. Ada 75 laki-laki dan 34 perempuan yang tiba di Tanjungpinang hari ini," ujar Pitter.

Pitter menyebutkan, berdasarkan keterangan manifest yang diterima oleh pihaknya, WNI yang dipulangkan sudah melakukan test PCR yang berlaku selama 72 jam di Malaysia.

Halaman
12
Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved