Breaking News:

BATAM TERKINI

Semua Moda Transportasi Dilarang Beroperasi 6-17 Mei, Apa Kapal Pelni dari Batam Juga Tak Jalan?

Kemenhub akhirnya mengeluarkan keputusan terkait larangan mudik Idul Fitri 2021. Bagaimana dengan kapal Pelni dari Batam? Simak penjelasannya.

TribunBatam.id/Istimewa
Kapal Pelni KM Umsini di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Provinsi Kepri, Selasa (16/3/2021). 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengeluarkan keputusan terkait larangan mudik Idul Fitri 2021.

Menhub melarang total operasi semua moda transportasi, baik darat, laut, maupun udara, pada 6 Mei-17 Mei 2021.

Hal itu agar kebijakan larangan mudik Lebaran demi menekan penyebaran corona tahun ini berjalan efektif.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan larangan tersebut diatur dalam Peraturan menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri Dalam Rangka Pencegahan Covid-19.

"Pengendalian transportasi dilakukan melalui larangan penggunaan, operasi sarana dan prasarana untuk semua moda transportasi," katanya dalam konferensi pers, Kamis (8/4/2021).

"PM ini berlaku mulai 6-17 Mei 2021. Dalam PM ini juga mengatur pengecualian terhadap transportasi yang boleh melakukan mobilitas pada masa libur lebaran," kata Adita.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyebutkan, pada sektor transportasi darat, pihaknya akan melarang seluruh kendaraan umum, seperti bus dan angkutan travel, melakukan perjalanan ke luar wilayah pada periode tersebut.

"Juga berlaku kepada kendaraan bermotor perseorangan penumpang seperti mobil dan sepeda motor, semua tidak diizinkan melakukan perjalanan," ujar Budi.

Baca juga: TERSERET Kasus Korupsi, Kadishub Batam Rustam Efendi Terpaksa Puasa Ramadhan di Sel Tahanan

Begitu juga transportasi angkutan sungai dan penyeberangan, bahkan pejalan kaki, juga dilarang untuk bepergian ke luar wilayah.

Pengecualian, kata Budi, hanya untuk keperluan perjalanan dinas aparatur sipil negara (ASN) dengan syarat yang cukup ketat.

Halaman
1234
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved