Breaking News:

BATAM TERKINI

Gencarkan Penggunaan QRIS, BI Gelar Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia Melayu Pesisir

FEKDI 2021 Melayu Pesisir ini, merupakan wujud dan komitmen Bank Indonesia bersama pihak terkait dalam perluasan dan percepatan digitalisasi secara ho

TRIBUNBATAM.id/REBEKHA ASHARI DIANA PUTRI
Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepulauan Riau, terus mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif dan efisien, salah satunya adalah menggelar Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) Melayu Pesisir. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepulauan Riau, terus mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif dan efisien, salah satunya adalah menggelar Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) Melayu Pesisir.

Pegelaran event ini sendiri digelar selama tiga hari sejak 9-11 April 2021, yang bertempat di Grand Batam Mall, dan mengusung tema “Bersinergi dalam Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia”.

Kepala Bank Indonesia Kepulauan Riau, Musni Hardi K Atmaja mengatakan bahwa FEKDI 2021 Melayu Pesisir ini, merupakan wujud dan komitmen Bank Indonesia bersama pihak terkait dalam perluasan dan percepatan digitalisasi secara holistik dalam konsep pembayaran.

Yang merupakan salah satu entry point penting dalam mendorong ekosistem digital, menjadi semakin luas dan terintegrasi, digitalisasi proses produksi, proses distribusi dan pembiayaan suatu usaha.

“Semoga kegiatan FEKDI ini, bisa memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan digitalisasi ekonomi di Provinsi Kepri. Sekaligus sebagai bentuk implementasi pengembangan dan perluasan ekonomi dan keuangan digital, guna mengakselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan melalui langkah-langkah percepatan digitalisasi sistem pembayaran di Kepri,” jelasnya.

Baca juga: JADWAL Sholat dan Imsakiyah Wilayah Tanjungpinang Selama 30 Hari Ramadhan 2021

Musni menambahkan, sejak Januari hingga Maret 2021, pihaknya juga telah melaksanakan sosialisasi dan penerapan QR Code Indonesian Standard (QRIS) ke sejumlah institusi.

Mulai dari Pemerintah Daerah, Badan Pengusahaan (BP) Batam, Perbankan, UMKM, Pedagang, Lembaga Pendidikan hingga Tempat Ibadah.

Nantinya juga akan dilakukan peluncuran Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2021.

Dimana Satgas P2DD ini bertujuan untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi daerah, terutama mendorong implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) yang dapat meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah.

Serta mendukung pengembangan transaksi pembayaran digital di masyarakat guna mewujudkan keuangan yang inklusif, serta meningkatkan integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional.

“Kegiatan FEKDI Melayu Pesisir ini, difokuskan guna mendorong digitaslisasi keuangan daerah melalui lima aspek. Yakni Edukasi kepada masyarakat untuk mengenalkan hingga manfaat dari QRIS kepada masyarakat. Sehingga nantinya akan menimbulkan sebuah experience baru dari masyarakat akan penggunaan QRIS ini,” terangnya.

Kemudian, ada juga edukasi kepada masyarakat hingga pelaku usaha yang ingin membuat QRIS secara langsung.
Ada juga Gerakan Bangga Usaha Indonesia serta disiapkan konter untuk penukaran uang kemerdekaan 75 kepada masyarakat umum.

Kegiatan ini juga kiranya bisa menjadi sebauh pencapaian maksimal yang kiranya bisa memacu kemajuan digitalisasi di Provinsi Kepulauan Riau melalui sinergi kegiatan bersama institusi dan lembaga.

“Harapan kami, program 12 juta pelaku usaha dan industri terhubung dengan sistem Quick Response Indonesia Standard (QRIS) di tahun ini bisa terealisasi. Dimana saat ini, untuk di Kepri sendiri baru mencapai 109 ribuan atau sekitar 54 persen dari target daerah bisa tercapai,” terangnya. (TRIBUNBATAM.id, BATAM/Rebekha Ashari Diana Putri)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google
 

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved