Breaking News:

BATAM TERKINI

Buat Bangga, Kabasarnas Luncurkan 6 Kapal SAR Berteknologi Canggih Produksi Batam

Ke enam kapal SAR produksi Batam itu diluncurkan Kabasarnas untuk memperkuat pencarian dan pertolongan di perairan laut Indonesia

Penulis: Pertanian Sitanggang | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Pertanian Sitanggang
Foto peluncuran kapal Aut SAR Basarnas di PT Falindo Merine, Sei Lekop, Sagulung, Batam, Senin (12/4/2021) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Perkuat alut SAR Basarnas, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi meluncurkan 6 Kapal SAR Kelas 2 di Tanjung Uncang, Kota Batam, Provinsi Kepri, Senin (12/4/2021).

Enam kapal yang diluncurkan itu yakni KN SAR Seta, KN SAR Sanjaya, KN. SAR Tetuka, KN. SAR Permadi, KN. SAR Puntadewa, dan KN. SAR Parikesit.

Ke enam Aut SAR tersebut untuk memperkuat pencarian dan pertolongan di perairan laut Indonesia.

Dari enam kapal yang diluncurkan di Batam tersebut, dua kapal yakni Kapal Negara (KN) Sanjaya dan KN Tetuka diluncurkan di lokasi galangan kapal PT Falindo Marine, sementara empat kapal lainnya diluncurkan di PT Karimun Anugrah Sejati.

Rencananya enam kapal Aut SAR tersebut akan dioperasikan di Tarakan, Maumere, Flores, Surabaya, Banten dan Medan.

Baca juga: TNI AL Punya Dua Kapal Perang Baru Produksi Batam, Ini Namanya

"Kapal aut SAR yang kita luncurkan hari ini adalah jenis kapal kelas dua tipe kapal cepat berteknologi cangih dengan spesifikasi panjang 40 meter, lebar 7,80 meter, tinggi geladak utama 3,60 meter serta memiliki kecepatan maksimal 30 knot.

Kapal berbahan alumunium ini memiliki 3 mesin 1400hp dengan endurance 60 jam dan daya jelajah 1200 Nm dengan kecepatan 20 knot," kata Henri.

Ia menjelaskan kapal Aut SAR tersebut memiliki kemampuan Auto Pilot serta dilengkapi dengan Echo Sounder, ECDIS, Sea Rider berkapasitas 6 orang, dan alat komunikasi.

"Harapan kita dengan penambahan kapal ini, bisa memperkuat SAR di wilayah perairan Indonesia," terangnya.

Saat ini lanjut Henri, Basarnar memiliki sebanyak 80 unit kapal. Namun jika dilihat dari luas wilayah perairan Indonesia, jumlah tersebut sangat jauh. Ke depan pihaknya akan terus melengkapi ketersediaan Aut SAR untuk memperkuat Basarnas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved