Breaking News:

Operator SPAM Batam Tak Boleh Sembarangan, Harus Berkualitas Internasional

“Harus andal dan berkualifikasi. Itu dibuktikan dengan rekam jejak yang profesional,” ujar anggota DPD RI Dapil Kepri, Haripinto Tanuwidjaja. 

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang | Editor: Agus Tri Harsanto
Ist
DPD asal Kepri Haripinto 

BATAM – Sebagai salah satu Kawasan Perdagangan Bebas Dan Pelabuhan Bebas di Indonesia, Batam membutuhkan operator Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) berkualitas internasional. BP Batam tak boleh salah pilih operator yang mengelola utilitas air bersih di kota sepenting Batam.

“Harus andal dan berkualifikasi. Itu dibuktikan dengan rekam jejak yang profesional,” ujar anggota DPD RI Dapil Kepri, Haripinto Tanuwidjaja

Senator asal Kepri ini mengatakan,  pemerintah harus memperhatikan dengan sangat teliti rekam jejak calon operator SPAM Batam. Perusahaan yang terpilih nantinya tidak boleh operator sembarangan. Namun yang telah memiliki pengalaman yang terbukti.

"Dengan track record yang mumpuni, maka Batam sudah berada di jalur yang tepat, " ujarnya.

Menurut Haripinto, pengelolaan air di konsesi pertama selama 25 tahun sudah dilakukan dengan sangat baik. Dia menegaskan, standar yang pelayanan air bersih baik tersebut tak boleh turun, tapi harus semakin baik.  

Dengan demikian, kehadiran operator SPAM hasil seleksi BP Batam dapat mengakomodir ekspektasi masyarakat dan dunia usaha kota Batam.

"Jumlah pelanggan air bersih pasti akan bertambah. Batam juga kota industri, dimana investasi terus tumbuh sehingga kebutuhan air bersih akan semakin meningkat," tuturnya.

Sejak tahun 1995 hingga 2020 silam, pemerintah menunjuk ATB sebagai operator pengelola air bersih kota Batam. Dalam perjalanannya perusahaan ini mampu membawa Batam menjadi kota dengan layanan air bersih terbaik di Indonesia. 

Head of Corporate Secretarty ATB Maria Jacobus mengatakan, perusahaan terus berupaya memenuhi kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah dalam mengelola air di Batam. Kendati menghadapi banyak tantangan, namun terobosan demi terobosan lahir untuk mengatasi tantangan tersebut.

“ATB bersama pemerintah menerobos tantangan-tantangan yang kami hadapi dalam hal pengelolaan air di batam. Hingga akhirnya mampu menelurkan berbagai inovasi di bidang pengelolaan air bersih,” ujar Maria.

Dengan berbekal rekam jejak dan inovasi yang lahir berkat pengalaman selama mengelola air di batam, ATB kembali turut serta dalam lelang pengelolaan SPAM Batam. ATB berjanji akan membawa pengelolaan air di Batam menjadi lebih baik lagi. 

Sebelumnya, ATB telah berhasil mencetak prestasi gemilang, dengan cakupan area pelayanan 99,5 persen, dan mampu menjaga kontinyuitas pelayanan air bersih hingga 23,7 jam perhari, serta menekan angka kebocoran hanya 14 persen. (*)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved