Breaking News:

Bupati Terpilih Ini Di NTT Didiskualifikasi Mahkamah Agung, Perintahkan Pemungutan Suara Ulang

Pasangan Calon Nomor Urut 2 dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua yakni, Orient Patriot Riwu Kore dan Thobias Uly Didiskualifikasi

FB/Orient P Riwu Kore
Pasangan calon Bupati Sabu Raijua Orient P Riwu Kore - Thobias Uly. Terbaru : Bupati Terpilih Ini Di NTT Didiskualifikasi Mahkamah Agung, Perintahkan Pemungutan Suara Ulang 

JAKARTA TRIBUNBATAM.id - Perjuangan Pasangan Calon Nomor Urut 2 dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua yakni, Orient Patriot Riwu Kore dan Thobias Uly seolah sia-sia.

Meski pasangan ini menjadi pemenang Pilkada pada 9 Desember 2020 lalu, namun didiskualifikasi oleh Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Putusan itu dibacakan oleh Ketua MK Anwar Usman dalam sidang sengketa hasil Pilkada 2020 yang disiarkan secara daring pada Kamis (15/4/2021).

KPU Sabu Raijua Beberkan Fakta Temuan Atas Dugaan Warga Amerika Serikat Menang Jadi Bupati

"Menyatakan diskualifikasi pasangan calon nomor urut dua Orient Patriot Riwu Kore dan Thobias Uly dari kepesertaan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sabu Raijua Tahun 2020," kata Anwar.

Anwar mengatakan, pihaknya membatalkan semua keputusan KPU Sabu Raijua mulai dari penetapan pasangan calon di Pilkada 2020 hanya sepanjang yang berkaitan dengan pasangan calon nomor urut 2 Orient-Thobias.

Serta memerintahkan adanya pemungutan suara ulang tanpa diikuti oleh Orient dan Thobias.

"Memerintahkan pemungutan suara ulang dimaksud harus sudah dilakukan dalam tenggat waktu 60 hari kerja sejak putusan ini dibacakan dan menetapkan serta mengumumkan hasil pemungutan tanpa harus melaporkan kepada mahkamah," ujarnya.

VIRAL, Diduga Warga Amerika Menang Bupati di Kabupaten Sabu Raijua di Provinsi NTT

Selain itu, MK juga memerintakan KPU dan Bawaslu RI untuk melakukan supervisi pelaksanaan amar putusan ini.

Kepolisian RI khususnya Kepolisian NTT dan Kepolisian Resor Sabu Raijua pun diperintahkan MK untuk melakukan pengamanan pemungutan suara ulang.

"Menolak permohonan pemohon untuk selain dan selebihnya," ucap Anwar.

Halaman
12
Editor: Filemon Halawa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved