Breaking News:

ROHANI KRISTEN

Renungan Kristen, Yesus Telah Menebus Dosa Kita dan Mengalahkan Maut Lewat KebangkitanNya

Jika berbicara hari kelahiran, maka ada banyak nabi dan tokoh agama yang memiliki hari kelahiran. hanya Yesus yang mempunyai hari kebangkitan.

Istimewa
Pendeta Hanny Andries Gembala Rayon 10 Gereja Tabgha Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Jika berbicara hari kelahiran, maka ada banyak nabi dan tokoh agama yang memiliki hari kelahiran. Demikian juga hari kematian, semua orang di atas muka bumi ini memiliki hari kelahiran dan kematiannya. Tetapi jika bicara mengenai hari kebangkitan, hanya Yesus yang mempunyai hari kebangkitan dan kehidupan kekal. Oleh sebab itu inilah yang membedakan Yesus dengan tokoh agama lainnya.

Kebangkitan Yesus adalah Kekuatan Iman Kristen
Paskah merupakan momen yang paling penting untuk semua orang percaya yakni memperingati peristiwa Tuhan Yesus mati disalib pada hari Jumat Agung dan bangkit di hari yang ketiga.

Kebangkitan-Nya adalah kekuatan utama iman Kristen. Tanpa itu, kehidupan orang yang percaya kepada Yesus tidak mempunyai kuasa. Iblis ingin mematahkan iman kita dengan memutarbalikkan fakta kebangkitan-Nya. Jika Yesus ternyata tidak bangkit dan hanya berita HOAX, maka Yesus sama seperti manusia biasa.

Dia bukan Tuhan dan tidak bisa memberikan keselamatan kekal bagi yang percaya kepada-Nya. Iman percaya kita menjadi sia-sia. Hal ini bisa terlihat dari ayat di bawah ini

“Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus.Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia. Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.“ 1 Korintus 15:17-21

Baca juga: Renungan Kristen, Kuasa Kebangkitan Tuhan Yesus,Membuat Kita Dapat Menyelesaikan Amanat Agung

Tubuh Yesus Bangkit atau Dicuri?
Hal ‘kebangkitan’ ini merupakan poin yang sering diserang Iblis melalui ajaran-ajaran sesat atau orang-orang yang mau menggugurkan iman percaya kepada Yesus. Sejak semula banyak orang ingin menutupi kenyataan tentang ‘kebangkitan Kristus’ dengan membuat teori yang disebut “Conspiracy Theory” (Teori Konspirasi/Persekongkolan).

Teori ini mengatakan bahwa para murid bersekongkol untuk menciptakan kisah bohong mengenai kematian dan kebangkitan Yesus. Orang-orang yang tidak mengakui kebangkitan Yesus membuat cerita bahwa murid-murid telah mencuri mayat Yesus, sehingga kubur-Nya ditemukan oleh para wanita dalam keadaan kosong. HOAX itu dipercaya sampai sekarang.

Pertanyaannya yang banyak beredar di luar sana adalah apakah Yesus sungguh bangkit dari kubur? Benarkah murid-murid Yesus yang telah mencuri tubuh Yesus agar dikira bangkit? Apa dampak kematian dan kebangkitan Yesus bagi hidup manusia?

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 2,010 orang tahun 2017 di Inggris oleh BBC, menyimpulkan bahwa seperempat dari mereka yang menyatakan dirinya Kristen tidak percaya akan kebangkitan Yesus. (www.bbc.com “resurrection did not happen says quarter of Christian” diakses 25 Feb 2021).

Fakta Kebangkitan Yesus secara Historis
Kita mempercayai kebangkitan-Nya dan menjadi saksi-Nya bukan hanya secara pengalaman pribadi, tetapi juga karena bukti-bukti sejarah. Pengalaman pribadi artinya kita bisa merasakan bahwa Dia hadir dan memberikan damai sejahtera ketika kita memuji dan menyembah-Nya.

Halaman
123
Penulis:
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved