Breaking News:

Tilang Elektronik segera Berlaku di Batam, Begini Mekanismenya Kata Dirlantas Polda Kepri

Dirlantas Polda Kepri Kombes Mujiyono bilang, soal alamat tujuan tilang elektronik ini akan diverifikasi lagi, apakah sesuai dengan kondisi saat ini.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Tilang Elektronik segera Berlaku di Batam, Begini Mekanismenya Kata Dirlantas Polda Kepri. Foto Petugas kepolisian dari direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk kendaraan roda dua atau motor di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Penerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik segera berlaku di Batam dan direncanakan pada akhir April 2021 ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Kepri Kombes Mujiyono mengatakan, soal alamat tujuan tilang elektronik ini akan diverifikasi lagi, apakah sesuai dengan kondisi saat ini.

"Jika kendaraan tersebut sudah pindah tangan dan nama surat-surat masih pemilik yang lama, bisa dilakukan pemblokiran," ujarnya pada Kamis (15/4/2021).

Mujiyono melanjutkan, dalam hal ini balik nama pada dokumen kendaraan bermotor merupakan suatu keharusan karena aturannya sudah lama ada.

"Ketentuan awal, semua kendaraan yang dipindahtangankan atau dibeli bekas harus diganti nama ke pemilik yang baru," kata Mujiyono.

Jika nantinya alamat kepemilikan kendaraan bermotor tidak sesuai setelah diverifikasi, maka bisa dilakukan pemblokiran.

"Untuk masyarakat yang membeli kendaraan bermotor dari tangan kedua atau seken diharapkan mengurus surat-surat kendaraannya sesuai ketentuan yang ada," ujarnya.

Mujioyono menambahkan, ETLE yang akan diterapkan ini memiliki banyak manfaat. Di antaranya bisa menertibkan kendaraan serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Kepri ini mengatakan, penerapan tilang elektronik akan dilakukan 28 April 2021 mendatang.

"ETLE diluncurkan pada 28 April mendatang," ujar Mujiyono Selasa (13/4/2021)

Nantinya, jika ada masyarakat yang melanggar aturan lalulintas maka akan dikirimkan surat tilang ke rumah pemilik kendaraan.

Halaman
12
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved