Breaking News:

BATAM TERKINI

Kasus Corona Meningkat, Kadinkes Bantah Batam Zona Merah Covid-19: Kita Masih Zona Oranye

Kadinkes Batam Didi Kusmarjadi bilang, saat ini Batam masih zona oranye covid-19. Adapun zona merah di kecamatan untuk memudahkan membaca peta covid

FREEPIK.COM
Kasus Corona Meningkat, Kadinkes Bantah Batam Zona Merah Covid-19: Kita Masih Zona Oranye. Ilustrasi covid-19. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Peta kondisi terkini positif Covid-19 di Kota Batam berdasarkan kecamatan menunjukkan sebagian besar masuk zona merah. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) kota Batam, Didi Kusmarjadi meluruskan terkait hal ini.

Menurutnya dasar pewarnaan ini hanya untuk memudahkan membaca peta. Hal ini sudah pernah dikonsultasikan ke Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

Sifat pewarnaan ini tidak terikat, bahkan di pertemuan minggu lalu, Dinkes Bintan rencananya akan mengikuti sistem pemetaan Batam.

"Zona merah itu bukan berarti jumlah kasus kita meningkat tajam," ujar Didi, Senin (19/4/2021).

Ia menjelaskan keterangan warna di peta Covid-19, apabila zona hijau tidak ada kasus aktif, zona kuning kasus aktif 1 sampai 10, pink atau merah muda kasus 11 sampai 20, dan zona merah untuk penunjukan kasus 21 ke atas.

Kadinkes Batam, Didi Kusmarjadi
Kadinkes Batam, Didi Kusmarjadi (TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING)

"Pertemuan dengan tim travel bubble wisman, Pak Guntur Sakti menyatakan, pihak Singapura lebih mudah memahami situasi kita dengan melihat peta yang kita buat. Jadi tinggal kita saja yang perlu memahami kondisi saat ini," bebernya.

Secara umum, zona merah berdasarkan penambahan kasus adalah adanya penambahan kasus 100 kasus per 100.000 penduduk dalam satu Minggu terakhir.

"Penambahan per minggu sampai 1200 kasus di Batam baru masuk zona merah. Kalau kita maksimalnya masih zona oranye sesuai dengan jumlah kasus. Sedangkan penambahan kasus kita perminggu belum ada yang pernah tembus di atas seribu apalagi 1200," katanya.

Sementara itu, perkembangan kasus Covid-19 di Kota Batam menjadi salah satu pertimbangan dibukanya pintu masuk wisatawan asing (wisman) yang tengah direncanakan pemerintah dalam waktu dekat ini.

Batam menjadi salah satu daerah yang dipilih untuk bisa menerima kedatangan wisman. Saat rapat bersama dengan tim travel bubble, pembahasan zona ini menjadi salah satu pembahasan utama.

”Mereka (Singapura) selalu memantau kondisi perkembangan kasus. Untuk itu perlu penyampaian informasi yang tidak mengurungkan niat mereka untuk segera berkunjung ke sini," tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved