Breaking News:

Pemuda Katolik Komda Kepri Sukses Selenggarakan KKM Angkatan I 2021

Ormas Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau telah sukses menyelenggarakan kurikulum Pendidikan berjenjang kaderasi

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang | Editor: Agus Tri Harsanto
Ist
Foto bersama Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) pada acara KKM Angkatan I tahun 2021 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bertempat di Ruang Meeting GSG St. Petrus Lubuk Baja – Batam, Ormas Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau telah sukses menyelenggarakan kurikulum Pendidikan berjenjang kaderasi; Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) Angkatan I tahun 2021.

Kegiatan berlangsung mulai Jumat (16/4) dan ditutup pada Minggu (18/4) diikuti peserta dari Komisariat Cabang yang ada di Kepulauan Riau, diantaranya dari Kota Batam, Kabupaten Karimun dan Kota Tanjungpinang.

Acara secara resmi dibuka oleh Pimpinan tertinggi Gereja Katolik Keuskupan Pangkalpinang Mgr. Prof. Dr. Adrianus Sunarko, OFM. Pada pidato pembukaannya Uskup yang juga Guru Besar bidang Teologi Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, Jakarta, memberi harapan besar kepada Pemuda Katolik khususnya peserta KKM untuk mampu memberikan semangat baru dalam tetap memberi sumbangan untuk Bangsa dan Negara Indonesia, dan senantiasa bisa menunjukkan bagaimana caranya menjadi orang-orang yang berimaan Katolik tetapi sekaligus menjadi orang-orang yang mencintai Tanah Air Indonesia.

Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri Johanes SM Sitohang ketika diwawancarai wartawan dari bebarapa media masa menyampaikan bahwa acara KKM terselenggara bukan hanya sebagai tugas organisasi tetapi keseriusan pengurus untuk mempersiapkan kadernya dalam menghadapai tantangan-tantangan kedepan.

Kegiatan KKM Angkatan I ini secara khusus mengambil tema “Merajut Persaudaraan Insani untuk Indonesia Damai dan Mencetak Kader Bangsa yang Unggul di Era Revolusi Industri”.

Ketua Panitia KKM Cosmas Eko Suharyanto menegaskan bahwa tema ini diangkat sebagai komitmen satu tarikan nafas Pemuda Katolik dengan langkah gerak Gereja Katolik Universal maupun situasi kontekstual Gereja Katolik Indonesia, khususnya di Kepulauan Riau.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari penuh ini diisi dengan berbagai materi, baik materi dasar kurikulum KKM maupun materi kontekstual yang dihadapi bangsa saat ini.

Beberapa diantaranya tentang spiritualitas, Kebangsaan, Teknik advokasi dan strategi Gerakan sosial, Change Management dan Action Plan, serta pembumian dokumen Human Fraternity yang digagas Paus Fransiskus bersama Imam Besar Al-Azhar Sheikh Ahmad al-Taye; berjudul Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Beragama.

Pemateri selain disampaikan kader Pemuda Katolik dan dewan pakar PP Pemuda Katolik Ir. Kikin Tarigan, MM, Stefanus Asat Gusma, juga diberikan para Imam/Pastor di Keuskupan Pangkalpinang diantaranya RD. Lucius Poya Hobamatan, RD. Agustinus Dwi Pramodo, dan materi Kebangsaan oleh Mayjen (Purn) Dr. Bimo Prakoso, P.S.C., M.P.A., M.Sc yang juga sebagai ketua Yayasan Trisakti Jakarta.

Dalam Misa Penutupan, Moderator Pemuda Katolik Komda Kepri RD. Agustinus Dwi Pramodo mengucapkan proficiat untuk seluruh peserta KKM Angkatan I ini sekaligus memberikan berkat perutusan untuk tugas-tugas yang akan diemban.

Panitia juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan, baik struktur hirarki Gereja Katolik, Dewan Pembina Bpk. Thomas Suprapto, Bpk. Herman Simbolon, maupun pihak lain, diantaranya senator Haripinto Tanuwidjaja, Dr.  Richard Pasaribu, serta anggota DPR RI Mayjen TNI. Mar, (Purn) Sturman Panjaitan, SH.(*)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved