Breaking News:

BATAM TERKINI

Stok Vaksin Covid-19 di Batam Menipis, Diutamakan untuk Lansia, Kadinkes: Sisa 300 Dosis

Kadinkes Batam Didi Kusmarjadi bilang saat ini tinggal 300 dosis vaksin corona yang akan diberikan kepada 4000 masyarakat lansia

TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Stok Vaksin Covid-19 di Batam Menipis, Diutamakan untuk Lansia, Kadinkes: Sisa 300 Dosis. Foto Kadinkes Batam, Didi Kusmarjadi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Stok vaksin Covid-19 di Kota Batam mulai menipis, lantaran belum adanya pengiriman pada April 2021 oleh pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, jumlah dosis vaksin Covid-19 saat ini tinggal 300 yang akan diberikan kepada 4.000 masyarakat lansia.

"Untuk lansia kurang. Stok vaksin tersisa sekitar 300an dosis," ujarnya saat dihubungi Tribunbatam.id, Selasa (20/4/2021).

Menurutnya, sisa vaksin ini akan tetap diberikan untuk peserta vaksin lansia dosis kedua.

"Sembari menunggu kedatangan vaksin tambahan, kita akan tetap berikan. Hal ini juga mengingat masa berlaku vaksin hanya sampai Mei 2021," ujar Didi.

Baca juga: Pekerja Matak Base Positif Covid-19 di Anambas, 1 Pegawai Imigrasi Pasien Sembuh Corona

Baca juga: Dua Lansia di Bintan Timur Meninggal Dunia Akibat Covid-19, Kontak Erat Pasien Corona

Ia melanjutkan, vaksinasi di bulan suci Ramadhan tidak akan menganggu ibadah puasa. Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerangkan, jika pemberian vaksin di bulan suci Ramadhan tidak akan membatalkan puasa.

"Ada fatwanya. Makanya di bulan Ramadhan ini kita tetap gencar vaksinasi," tegasnya.

Disinggung mengenai kedatangan vaksin, Kandikes Batam mengaku belum tahu. Ia juga belum mendapat informasi sampai saat ini dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

"Biasanya dari pusat dulu baru dikirim ke provinsi. Sampai hari ini kita belum dapat informasi tambahan vaksin ini," pungkasnya.

Diketahui, sebanyak 35 ribu vaksin ini ditargetkan dapat habis dalam jangka waktu dua minggu, walaupun masa kedaluwarsa sampai dengan akhir Mei 2021.

(Tribunbatam.id/bereslumbantobing)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Batam

Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved