Breaking News:

BATAM TERKINI

Pemko Minta Pemerintah Pusat Bantu Dana Pemulangan TKI/PMI Lewat Batam

Pemko Batam meminta pemerintah Pusat membantu dana untuk pemulangan TKI atau PMI dari luar negeri yang dipulangkan lewat kota ini.

ISTIMEWA
Suasana kepulangan 40 PMI ke daerah asalnya. Pemko Batam meminta pemerintah Pusat membantu dana untuk pemulangan TKI atau PMI dari luar negeri yang dipulangkan lewat kota ini. Ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemko Batam, Yusfa Hendri, mengatakan sejak tahun 2020 hingga April 2021, PMI yang masuk ke Indonesia melalui Batam mencapai kurang lebih 63 ribu orang.

Di awal tahun 2021 sendiri, terdapat sekitar 11 ribu PMI yang telah masuk dan tertampung di Kota Batam, dengan rata-rata 150 sampai 200 kedatangan setiap harinya.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, pemulangan PMI dijalankan di pintu-pintu masuk lainnya seperti Dumai, Bengkalis, atau Tanjung Pinang dan Tanjung Balai Karimun.

"Belakangan, pintu-pintu itu ditutup dan tinggal Batam Center saja yang buka, untuk pemulangan PMI," ujar Yusfa ketika diwawancarai, pada Kamis (22/4/2011).

Ribuan PMI yang masuk melalui Batam tersebut menjadi tanggungan dari Pemko Batam.

Sebagaimana diatur dalam SE Nomor 8 Tahun 2021, pemulangan PMI tersebut harus melalui karantina selama lima hari, dengan pemeriksaan PCR Test sebanyak dua kali.

Selama ini, untuk karantina PMI, pemerintah daerah sudah mengalokasikan beberapa rumah susun (rusun) milik Pemko Batam dan BP Batam sebagai tempat tinggal sementara PMI.

Baca juga: JADWAL Kapal Ferry Oceana Batam ke Tanjung Balai Karimun, Jumat 23 April 2021 

Selain itu, Pemko Batam juga turut menanggung biaya logistik bagi PMI dari berbagai daerah tersebut.

"Ini menimbulkan biaya yang cukup besar, selama ini anggaran untuk pemulangan PMI ditanggung oleh Pemko Batam," ujar Yusfa.

Halaman
12
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved