Breaking News:

Ketua Apindo Batam Paparkan Keluhan Pengusaha terkait Lahan di Batam

Ada beberapa keluhan pengusaha terkait lahan di Batam. Ketua Apindo Batam Rafki Rasyid menyebut di antaranya soal tumpang tindih lahan

tribunbatam.id/istimewa
Ketua Apindo Batam Paparkan Keluhan Pengusaha terkait Lahan di Batam. Foto Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Batam, Rafki Rasyid. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Permasalahan lahan menjadi perkara klasik yang terjadi di Kota Batam. Berbagai permasalahan, seperti tumpang tindih alokasi lahan, hingga masalah perizinan dikeluhkan sejumlah pengusaha di Batam.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Batam, Rafki Rasyid, pada Selasa (27/4/2021).

Menurutnya, selain mengeluhkan masalah tumpang tindih lahan, banyak juga pengusaha yang menyesalkan tingginya harga lahan di Batam.

Tingginya harga lahan, kemungkinan besar disebabkan karena banyak pihak pemegang PL (penetapan lokasi) yang menjual lahannya dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan harga sewa Uang Wajib Tahunan (UWT) yang dibebankan.

"Selain itu, dari pengusaha juga ada keluhan sulitnya membebaskan lahan di Batam," ujar Rafki ketika dihubungi, pada Selasa (27/4/2021).

Pembebasan lahan di Batam ini seringkali terkendala karena sebagian lahan sudah dikuasai oleh masyarakat setempat yang sudah berdiam lama di lahan tersebut.

Sehingga, untuk melakukan upaya pembebasan lahan, pengusaha memerlukan biaya dan usaha ekstra guna merelokasi aset masyarakat yang tertanam di lahan tersebut.

Rafki meminta, keluhan-keluhan pengusaha terkait lahan di Batam ini dapat segera ditindaklanjuti oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Meski sudah ada sedikit perbaikan dan kemudahan perizinan, namun sampai saat ini, permasalahan lahan masih kerap dialami oleh pihak pengusaha.

"Kami berharap BP Batam gerak cepat menangani persoalan lahan di Batam. Hal ini agar sejalan dengan keinginan pemerintah pusat untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya, khususnya di Kota Batam," tambah Rafki.

Kepala BP Batam HM Rudi Angkat Bicara

Halaman
1234
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved