Breaking News:

JADWAL KAPAL

Jadwal Kapal Ferry Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang Kamis 29 April 2021

Berikut jadwal kapal di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang hari ini, Kamis (29/4/2021).

TribunBatam.id/Istimewa
PELABUHAN SRI BINTAN PURA TANJUNGPINANG - Kondisi Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Foto diambil beberapa waktu lalu. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Berikut Jadwal Kapal Ferry Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang hari ini, Kamis (29/4/2021). 

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Tanjungpinang mencatat 4 trip pelayaran kapal.

Pelayaran kapal hari ini diakui petugas KSOP Tanjungpinang, Sony Aritonang menurun dari hari sebelumnya yang menurunkan 7 armada kapal ke berbagai pulau.

Pelayaran kapal yang dijadwalkan beroperasi ke berbagai pulau dari pagi hingga siang dari pelabuhan SBP Kota Tanjungpinang.

Trip pertama pukul 06.00 WIB sementara trip terakhir pukul 13.00 WIB.

JADWAL Kapal Ferry dari Tanjungpinang, Pelabuhan Sri Bintan Pura ada 3 Jadwal Speedboat. Foto aktivitas Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Senin (12/4/2021).
Aktivitas Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Senin (12/4/2021). (TribunBatam.id/Noven Simanjuntak)

"Hari ini jadwal kapal yang kami terima ada 4 kapal yang akan beroperasi dan arus pelayaran juga normal," kata Sony, Kamis, (29/4/2021).

Berikut jadwal kapal yang diterima oleh KSOP Tanjungpinang:

1. MV Dumai Line 2 tujuan Tanjung Balai Karimun dan Dumai berangkat pukul 06.00 WIB

2. MV Marina Batam 5 tujuan Senayang berangkat pukul 10.00 WIB

3. SB Irfan Jaya 5 tujuan Moro berangkat pukul 11.00 WIB

4. SB Karunia Jaya 3 tujuan Moro berangkat pukul 13.00 WIB.

Info Cuaca Kepri

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang memprakirakan cuaca untuk wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) untuk tiga hari ke depan. 

Baca juga: Jembatan Pelabuhan Apung Jagoh Lingga Ambruk saat Hujan Lebat

Baca juga: SKIPM Batam Ekspor 139 Ton Ikan ke Cina dan Singapura Lewat Pelabuhan Sagulung dan Belakang Padang

INFO Cuaca Kepri, BMKG Prediksi Tanjungpinang dan Bintan Hujan 2 Hari Kedepan. Foto hujan di Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Selasa (29/3/2021).
INFO Cuaca Kepri, BMKG Prediksi Tanjungpinang dan Bintan Hujan 2 Hari Kedepan. Foto hujan di Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Selasa (29/3/2021). (TribunBatam.id/Endra Kaputra)
Analisis Dinamika Atmosfer suhu muka laut (Sea Surface Temperature atau SST) di sekitar Perairan Kepulauan Riau khususnya di Perairan Pulau Bintan umumnya masih dalam kondisi hangat berkisar antara 29°C s/d 31°C dan anomali SST di wilayah perairan Kepri bernilai antara 0,0 s/d 1,0°C
"Indeks ENSO terupdate berada dalam ambang batas kondisi netral, dan diprakirakan kondisi netral ini akan berlangsung hingga akhir November 2021.
Secara umum tidak memberikan dampak terhadap peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia," kata Prakirawan BMKG Tanjungpinang Robbi A Anugrah, Senin (26/4/2021).
Selain itu, lanjutnya, indeks di Pole Mode dalam kategori  netral. Diprakirakan masih tetap netral hingga Oktober 2021. 
Sehingga tidak berpengaruh terhadap penambahan massa udara dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia.
Analisis per tanggal 27 April 2021 menunjukkan MJO berada di fase 8 (Barat Afrika) yang tidak berpengaruh terhadap cuaca di Kepulauan Riau.
"Pada dasarian III April 2021, aliran massa udara di seluruh wilayah Indonesia diprediksi didominasi angin timuran, kecuali di Sumatera bagian utara, Kalimantan bagian utara.
Kemudian Maluku Utara, dan Papua. Pola siklonal berpotensi terbentuk di Samudera Hindia bagian  barat Sumatera Barat, dan di sekitar kepulauan Maluku.
Zona konvergensi diprediksi terjadi di Sumatera bagian tengah, Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Maluku, dan Papua.
Monsun Australia mulai mendominasi sebagian wilayah Indonesia di bagian selatan garis ekuator," terangnya. 
Masih didasarian III April 2021, kelembapan udara relatif (relative humidity) pada lapisan permukaan umumnya masih akan berada disekitar 80% hingga dasarian II Mei 2021. 
Kelembapan udara relatif pada lapisan 850 mb umumnya diprediksi di atas 65%, kecuali di wilayah Nusa Tenggara.
Kelembapan udara relatif pada lapisan 700 mb diprediksi umumnya di atas 65%, kecuali di sebagian Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan perairan utara Maluku Utara.
"Untuk peringatan dini yang harus diwaspadai terjadinya hujan ringan-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang akibat munculnya awan cumulonimbus," ungkapnya.
Berdasarkan analisis dinamika atmosfer, pengaruh fenomena cuaca skala global (ENSO dan IOD) dan regional tidak terlalu signifikan berdampak terhadap kondisi cuaca di Pulau Bintan.
Namun, pengaruh fenomena cuaca skala lokal berupa adanya daerah konvergensi, belokan angin (shearline) di wilayah Kepri atau pusaran siklonik di sebelah barat Pulau Kalimantan menyebabkan adanya potensi hujan di wilayah Bintan dan sekitarnya.
Sebagai informasi, berikut laporan perkiraan cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan untuk tiga hari kedepan
29 April 2021, Kota Tanjungpinang, Berawan berpotensi hujan lokal pada siang hari. Kabupaten Bintan juga Berawan berpotensi hujan lokal pada siang hari.
30 April 2021, Kota Tanjungpinang, Berawan berpotensi hujan lokal pada siang hari.
Kabupaten Bintan juga Berawan berpotensi hujan lokal pada siang hari.
01 Mei 2021, Kota Tanjungpinang, Cerah berawan sepanjang hari.
Kabupaten Bintan juga cerah berawan sepanjang hari.(TribunBatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Tanjungpinang

Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved