Breaking News:

RS Bhayangkara Polda Kepri Jadi Lokasi Karantina Tambahan untuk PMI Positif Covid-19

Danrem 033 WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu menyebut,kini Batam kekurangan lokasi karantina.Pihaknya sedang mencari solusi untuk PMI positif covid19

tribunbatam.id/Argianto
RS Bhayangkara Polda Kepri Jadi Lokasi Karantina Tambahan untuk PMI Positif Covid-19. Foto Danrem 033 Wira Pratama, Brigjen Jimmy Ramoz Manalu bersama Kapolda Kepri, Irjen Aris saat meninjau posko persiapan pemulangan PMI/ TKI di Pelabuhan Internasional Batam Center, Kamis (29/4/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Jelang Lebaran, sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) akan kembali pulang ke Tanah Air Indonesia lewat Pelabuhan Batam.

Sebelum pulang ke daerah asalnya, para PMI itu akan menjalani masa karantina di Batam untuk mencegah penyebaran covid-19.

Sementara di sisi lain, saat ini Batam bisa dibilang kekurangan lokasi karantina.

Hal ini diungkapkan Komandan Resor Militer 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu saat meninjau Pelabuhan Batam Center terkait kesiapan kepulangan PMI.

"Setelah melakukan pemantauan ke dua lokasi, kita mendapatkan fakta bahwa Batam kekurangan lokasi karantina. Saat ini tengah kami cari solusinya," ujarnya, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Corona di Batam Meningkat, Gedung Bapelkes Batam Siap Tampung Pasien Covid-19 Lagi

Baca juga: Imigrasi Buru WN India yang Kabur ke Batam Dari Karantina Covid-19 di Jakarta

Ia melanjutkan, kekurangan lokasi karantina ini diketahui setelah mendapatkan data bahwa ketersediaan kamar untuk RSKI Galang hanya tinggal 3 kamar lagi.

"Total kamar di sana ada 930 orang, dan saat ini sudah terisi 98 persen," katanya.

Jimmy mengatakan salah satu solusi yang dimiliki adalah penunjukan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri sebagai lokasi karantina tambahan.

Langkah ini diambil, setelah adanya koordinasi yang dilakukan oleh Satgas Pemulangan PMI bersama dengan Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepri.

"Kita juga akan berkoordinasi dengan beberapa Rumah Sakit lain di Kota Batam, agar dapat menjadi lokasi karantina bagi PMI yang dinyatakan positif," tegasnya.

Tidak hanya Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti Rumah Sakit, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengeni hotel dan penginapan yang bersedia untuk dijadikan sebagai lokasi karantina.

"Selain itu, sebagai Satgas kami juga memperhitungkan mengenai lokasi isolasi. Karena ini juga memiliki potensi bahwa Rusun yang tersedia juga akan kurang menampung ribuan PMI yang akan masuk sampai Lebaran nanti," ungkapnya.

(tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Batam

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved