Breaking News:

OJK Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah di Kepri

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan program bertajuk "Gebyar Ramadhan Nusantara".

Ist
Rony Ukurta Barus, Kepala Kantor OJK Provinsi Kepulauan Riau 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah sekaligus menyemarakkan bulan suci Ramadan 1442 Hijriah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan program nya yang bertajuk "Gebyar Ramadhan Nusantara".

Kegiatan yang dimaksud merupakan program edukasi dan literasi terkait keuangan syariah yang dilaksanakan serentak oleh Kantor Pusat OJK Indonesia maupun Kantor Regional dan Kantor OJK yang tersebar didaerah Indonesia.

Program ini juga akan dilaksanakan oleh Kantor OJK Provinsi Kepulauan Riau.

Dari beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, Kantor OJK Kepri telah mengadakan lomba Vlog User Experience terkait produk dan layanan jasa keuangan syariah.

Adapun perlombaan vlog tersebut diselenggarakan pada tanggal 19 hingga 28 April 2021 lalu.

Sedangkan pada tanggal 29 April 2021, Kantor OJK Kepri juga menggelar Webinar Berkah Bersama Keuangan Syariah yang tentunya diselenggarakan untuk meningkatkan literasi terkait keuangan syariah.

Berdasarkan data OJK pada tahun 2019, indeks literasi keuangan nasional menunjukkan peningkatan sebesar 38 persen dari sebelumnya yaitu 29,7 persen pada tahun 2016.

Sedangkan indeks inklusi keuangan nasional juga menunjukkan peningkatan dari 67,8 persen (2016) menjadi 76,2 persen pada tahun 2019.

"Namun demikian, kenaikan indeks literasi keuangan sektor syariah masih di bawah nasional. Adapun indeks literasi keuangan syariah yang sebelumnya 8,1 persen (2016) meningkat tidak signifikan menjadi 8,93 persen (2019)," ujar Rony Ukurta Barus dalam kata sambutannya.

Mengenai hal tersebut, ia menilai bahwa pentingnya peran stakeholder dalam ekosistem syariah sebagai upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangann indonesia.

Halaman
123
Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved