Breaking News:

PENANGANAN COVID

VIRAL Rapid Test Antigen Bekas, RSBP Batam Pastikan Pemeriksaan Steril dan Aman

Direktur RSBP Batam memastikan, alat yang dipakai untuk pemeriksaan tes covid-19 selalu dalam kondisi baru serta tersegel.

TribunBatam.id/Hening Sekar Utami
VIRAL Rapid Test Antigen Bekas, RSBP Batam Pastikan Pemeriksaan Steril dan Aman. Foto pemeriksaan rapid test antigen di Bandara Hang Nadim Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Rumah Sakit Badan Pengusahaan atau RSBP Batam memastikan pemeriksaan Swab Antigen di Bandara Hang Nadim, Klinik Baloi, dan RSBP Batam aman dan steril.

Direktur RSBP Batam, dr Afdhalun A Hakim mengatakan, petugas yang melaksanakan kegiatan Swab PCR, maupun Rapid Test Antigen, Rapid Antibodi serta tes GeNose merupakan petugas yang telah terlatih di bidangnya.

"Kegiatan pemeriksaan kesehatan selama ini dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku di RSBP Batam," ujarnya, Minggu (2/5/2021).

Petugas medis dari RSBP Batam menjalankan tugasnya dengan mematuhi SOP Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

Standar prosedurnya berupa pemakaian alat pelindung diri dengan bahan habis pakai (single use).

Layanan rapid test di Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, digerebek polisi pada Selasa (27/4/2021). Penggerebekan terkait adanya dugaan pemalsuan proses rapid test antigen.
Layanan rapid test di Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, digerebek polisi pada Selasa (27/4/2021). Penggerebekan terkait adanya dugaan pemalsuan proses rapid test antigen. (ANTARA/HO)

Alat-alat pemeriksaan seperti handscoon, cotton bud swab, kit antigen, rapid test antibodi, kantong Genose, serta virus transfer media (VTM) dalam keadaan baru dan tersegel langsung dari pabrik.

"Dalam pemeriksaan, petugas wajib menunjukkan kepada pelanggan dan pasien bahwa alat-alat yang dipakai dalam kondisi baru serta tersegel," ujar dr Afdhalun.

Selain itu, pengelolaan sampah bahan habis pakai (BHP) medis untuk Swab Antigen, PCR, dan Genose dikelola sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan.

Sampah BHP tersebut dikumpulkan dan dibawa ke rumah sakit untuk dimusnahkan.

Seluruh limbah medis dimusnahkan dengan cara dibakar menggunakan alat incinerator, dan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, petugas tetap mematuhi protokol kesehatan.

Afdhalun mengatakan, semua kegiatan dari mulai pemeriksaan, hingga pemusnahan limbah medis dilakukan dalam monitor dan pengawasan manajemen RSBP Batam.

Baca juga: Terungkap Bos Sindikat Rapid Test Antigen Bekas Pakai Bandara Kualanamu Hidup Bermewahan, Mobilnya 4

Baca juga: Polda Kepri Cek Penggunaan Rapid Test Antigen di Batam, Cegah Pakai Alat Daur Ulang

Apabila didapati ada oknum rumah sakit yang melanggar SOP, maka akan dikenakan sanksi ringan hingga berat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kami berharap, jika masyarakat mendapati adanya oknum yang tidak melaksanakan SOP yang benar dalam pemeriksaan, mohon kiranya disampaikan langsung ke RSBP Batam," imbau dr. Afdhalun.(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Batam

Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved