Breaking News:

Wabup Lingga Hadiri Launching Anugerah Desa Wisata Secara Virtual, Ini Harapan Neko

Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy hadiri launching Anugerah Desa Wisata oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)

Tribun/Istimewa
Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy hadiri kaunching Anugerah Desa Wisata oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) secara virtual di ruang VIP Sekretariat Daerah Lingga, Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Jum'at (30/4/21) malam 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy hadiri launching Anugerah Desa Wisata oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) secara virtual di ruang VIP Sekretariat Daerah Lingga, Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga.

Kegiatan itu Neko Wesha Pawelloy ikuti bersama Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga, Abdul Kadir dan Kabid Destinasi Wisata, Zalmidri Jum’at (30/4/2021) malam.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno ini adalah merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Pariwisata dalam rangka pengembangan pariwisata di Indonesia.

Dengan mengusung tema 'Indonesia Bangkit', Menparekraf optimis kegiatan ini akan melahirkan desa-desa wisata yang berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan.

“Jadi jangan sampai semangatnya hanya karena ada lomba ini saja, tapi bagaimana bisa bertanggung jawab, berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Sandiaga sapaan akrabnya.

Ia menambahkan bahwa, anugerah desa wisata tahun 2021 merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia, yang ditargetkan mampu melahirkan 500 desa wisata baru atau bahkan lebih.

Menurutnya ada puluhan ribu desa wisata yang ada di Indonesia, salah satunya dari Kepulauan Riau.

Sandiaga juga mengabarkan bahwa, penganugerahan yang pendaftarannya mulai dibuka dari tanggal 7 Mei hingga 26 Juni 2021 ini nantinya terbuka untuk umum, terutama bagi seluruh masyarakat desa di Indonesia, bagi pelaku pariwisata serta para pelaku pelaku ekonomi kreatif yang bergerak di bidang pengembangan pariwisata.

Yakni dengan cara mendaftarkan desanya dan melengkapi persyaratannya melalui website www.jadesta.com untuk mengikuti anugerah desa wisata tahun 2021.

Selain itu pada penganugerahan desa wisata itu nantinya, ada beberapa kategori yang dinilai oleh para dewan juri yang ditunjuk oleh Kemenparekraf. 

Adapun kategori diantaranya, yakni kategori homestay, kategori toilet, kategori souvernir, kategori desa digital, kategori konten kreatif dan lain sebagainya.

Acara puncaknya akan diselenggarakan pada 7 Desember 2021, yang diharapkan penganugerahan ini mampu mendorong para pelaku usaha dan ekonomi kreatif untuk kembali bangkit ditengah terjangan Covid-19.

Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy berharap, semoga target 500 desa wisata dari 75.000 desa di Indonesia itu, terdapat satu atau dua desa di Kabupaten Lingga.

"Hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas pariwisata dan Dinas PMD untuk berkolaborasi mewujudkan ini semua," kata Neko, Sabtu (1/5) tadi.(*)

Penulis: Febriyuanda
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved