Breaking News:

BATAM TERKINI

Masuk 5 Provinsi dengan Kasus Covid-19 Naik Signifikan, Larangan Mudik di Kepri Harus Diperketat

Kepri termasuk jajaran 5 provinsi dengan kasus covid-19 naik signifikan di Indonesia. Menhub minta pengawasan selama masa larangan mudik diperketat.

TRIBUNBATAM.id/Alamudin
Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi bersama kepala Bandara Hang Nadim Batam meninjau penerapan GeNose di Bandara Hang Nadim Batam beberapa waktu lalu. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad menghadiri rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait peningkatan disiplin penerapan protokol kesehatan (Protkes).

Dalam rapat tersebut, disebutkan Kepri masuk dalam salah satu provinsi dengan peningkatan kasus yang cukup siginifikan. 

"Sebanyak lima provinsi ini diminta untuk menindaklanjuti paparan yang disampaikan narasumber, tadi dari Kemenhub meminta larangan mudik ini benar-benar diawasi. Jangan sampai mobilisasi penduduk ini menimbulkan peningkatan kasus nantinya," ujar Amsakar usai menghadiri Zoom bersama di Lantai IV Gedung Pemko Batam, Selasa (3/5/2021).

Diakuinya, berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, jumlah pertumbuhan kasus dua kali lipat bila dibandingkan dengan jumlah pasien yang sembuh.

Hasil zoom tersebut beberapa hal yang harus dilakukan di antaranya, mengendalikan penyebaran Covid-19 meningkatkan pengawasan yang lebih ekstra. Untuk itu tim monitoring akan turun malam ini dalam skala yang lebih besar.

"Karena angka kasus ini cukup mengkhawatirkan. Monitoring besar-besaran perlu dilakukan untuk meningkatkan kembali kesadaran akan protokol kesehatan ini," ujarnya.

Amsakar mengatakan apabila jumlah pasien kasus terus bergerak, maka dikhawatirkan ketersediaan ruang perawatan, tenaga medis dan lainnya tidak sanggup menampung. Untuk itu perlu langkah pencegahan guna mengendalikan penyebaran.

”Daerah diminta meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan penyebaran. Selama ini kita sudah jalankan. Namun perlu lagi upaya yang lebih," katanya.

Baca juga: Kementerian Perhubungan Siapkan Kapal Untuk Pulangkan TKI dari Luar Negeri Lewat Batam

Kedua adalah mengontrol dan mengawasi aturan larangan mudik yang sudah dikeluarkan pemerintah. Belakangan ini terjadi perubahan tren penyebaran Covid-19. 

Mobilisasi tanpa kepatuhan menerapkan protokol kesehatan, bisa menyebabkan angka kasus naik. Untuk itu, pejabat daerah diminta untuk benar-benar mengawasi terkait larangan ini.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved