Breaking News:

NATUNA TERKINI

Lurah Ranai Kota Natuna Dambakan Internet Gratis

Lurah Ranai Kota Natuna mengaku, kantor lurahnya sudah ada wifi, cuma masih berbayar tiap bulan. Anggaran saat ini minim.Makanya minta internet gratis

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Lurah Ranai Kota Natuna Dambakan Internet Gratis. Foto Lurah Ranai Kota, Syuparman. Foto diambil di Kantor Kelurahan Ranai Kota, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepri, Senin (3/5/2021) 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Lurah Ranai Kota, Syuparman mendambakan adanya internet gratis di Kantor Kelurahan Ranai Kota, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepri.

Hadirnya fasilitas internet gratis ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan publik yang sesuai dengan visi misi Bupati Natuna periode 2016-2021.

Syuparman mengaku saat ini di Kelurahan Ranai Kota sudah menggunakan Wi-Fi, hanya saja masih berbayar setiap bulan.

"Jadi kami setiap bulan wajib membayar Rp 600 ribu, artinya dalam 1 tahun saja kan sudah ada tujuh juta lebih. Bagi kantor lurah uang Rp 7 juta itu sudah sangat berarti, bisa dimanfaatkan ke pos lain," ujarnya di Kantor Kelurahan Ranai Kota, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepri, Senin (3/5/2021).

Mengapa sangat membutuhkan fasilitas internet gratis?

Baca juga: Warga Pulau Jaloh Minta Jaringan Internet ke Wali Kota Batam Rudi

"Saat ini di Kelurahan Ranai Kota, anggaran kita sangat minim akibat refocusing untuk penanganan Covid-19, di tengah itu pula kita harus membayar cost Wi-Fi setiap bulan.

Padahal, jika pemerintah daerah menyediakan fasilitas internet gratis, dana yang tadinya untuk membayar cost Wi-Fi bisa dialokasikan ke tempat atau kegiatan lain seperti penambahan ATK, ataupun konsumsi ketika kita kedatangan tamu," jelas Syuparman.

"Jadi tentunya kita berharap, pemerintah juga menyediakan fasilitas internet gratis di tempat-tempat pelayanan publik seperti kantor lurah ini," sebutnya.

Syuparman berharap dengan adanya Wi-Fi gratis dari pemerintah daerah setidaknya memberikan kemudahan bagi kelurahan dalam memberikan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Natuna, Raja Darmika menanggapi hal tersebut. Ia menuturkan bahwa pada tahun 2020 lalu pihaknya telah menyiapkan agenda pemasangan WiFi Gratis di kantor-kantor pemerintahan, namun anggaran tersebut terpangkas lantaran Covid-19.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, Raja Darmika. Foto diambil di Kantor Diskominfo Kabupaten Natuna, Senin (3/5/2021)
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, Raja Darmika. Foto diambil di Kantor Diskominfo Kabupaten Natuna, Senin (3/5/2021) (tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

"Proyek pemasangan WiFi Gratis itu seharusnya 2020 kemarin sudah berjalan, tapi akibat refocusing penanganan Covid-19, dana kita juga ikut terpangkas yang akhirnya program kerja yang sudah kita buat tidak bisa dilakukan," ujar Raja.

Menurut Raja, pengadaan fasilitas internet gratis di kantor-kantor pemerintahan itu sangat perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan prima kepada masyarakat.

"Jadi untuk tahun 2021 ini kita tidak punya anggaran untuk pemasangan WiFi gratis, insyaallah 2022 Diskominfo akan melanjutkan proyek itu," ujarnya.

(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Natuna

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved