Breaking News:

Malaysia Kembali Terima Pasien Internasional, Ini Ketentuan yang Harus Diikuti Selama Pandemi

Malaysia kembali terima pasien internasional, namun hanya untuk rumah sakit tertentu, dan KPJ Johor Specialist Hospital menjadi salah satunya.

sehat
ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id,JOHOR - Setelah setahun lockdown karena pandemi Covid-19, pemerintah Malaysia kini sudah membuka untuk pasien Internasional.

Namun tidak semua rumah sakit di Malaysia terbuka untuk pasien internasional.

Dan salah satu rumah sakit yang menerima pasien internasional yaitu Rumah Sakit KPJ Johor Specialist Hospital.

Sudah diperbolehkan terima pasien dari luar Malaysia, KPJ Johor Specialist Hospital tetap mengikuti prosedur operasi standar (SOP) yang telah disetujui oleh pemerintah terkait perawatan kesehatan di Malaysia.

‘’Sejalan dengan kebijakan pemerintah, pasien harus mendapat persetujuan dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) juga menyampaikan sejumlah prosedur operasi standar (SOP) yang telah disetujui oleh pemerintah terkait perawatan kesehatan di Malaysia,’’ kata Chief Executive Officer (CEO) RS KPJ Johor Specialist Hospital, Mohd Azhar Abdullah, Selasa (4/5/2021).

Menurut Mohd Azhar Abdullah, keselamatan dan kesehatan pasien serta pengunjung merupakan prioritas utama RS KPJ Johor Specialist Hospital, terutama saat melakukan perawatan kesehatan di Malaysia.

Baca juga: Nasib Tragis Bayi di Samping Jenazah Ibunya, Warga Tak Berani Menolong Karena Covid-19

‘’Kami yakin dan percaya bahwa, inisiatif ini memungkinkan wisatawan kesehatan untuk kembali mendapatkan akses pelayanan kesehatan di negara di mana covid-19 ditangani dengan baik," kata Mohd Azhar Abdullah.

Pasien yang akan menjalani perawatan kesehatan wajib mematuhi peraturan imigrasi yang difasilitasi oleh MHTC.

Pasien harus menjalani isolasi selama 7 hari di rumah sakit anggota MHTC sesuai dengan protokol isolasi yang berlaku di setiap rumahsakit tersebut, lalu melakukan PCR sebelum berangkat dan setelah berada di Johor, serta beberapa persyaratan lainnya.

Dengan dibukanya akses perawatan kesehatan bagi pasien luar negeri yang membutuhkan perawatan secara intensif, pasien Internasional khususnya dari Batam, Tanjungpinang, Karimun dan sekitarnya, dapat menghubungi perwakilan resmi RS KPJ Johor Specialist Hospital yang ada di Batam. (*)

Editor: Mona Andriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved