Breaking News:

Tes 'Janggal' KPK Tuai Polemik, Novel Baswedan Dikabarkan Gagal hingga ICW Singgung Episode Terakhir

Penyidik senior KPK Novel Baswedan dan Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK Yudi Purnomo dikbarkan tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan untuk alih status jadi ASN

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Tes 'Janggal' KPK Tuai Polemik, Novel Baswedan Dikabarkan Gagal hingga ICW Singgung Episode Terakhir. Penyidik senior KPK Novel Baswedan 

TRIBUNBATAM.id - Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang jadi salah satu syarat alih status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke aparatur sipil negara (ASN) disorot banyak pihak.

Tes itu dilakukan gabungan lembaga negara, seperti Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, Pusat Intelijen TNI AD, Dinas Psikologi AD dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Beredar kabar soal yang dimuat dalam tes berisi pertanyaan-pertanyaan yang janggal dan tak relevan.

Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Universitas Andalas Feri Amsari, mengaku mendengar kabar tersebut.

Termasuk soal isi dari pertanyaan dalam tes tersebut.

Ia mengatakan tes tersebut tidak sesuai dengan Undang-Undang KPK yang baru karena tidak terdapat ketentuan mengenai tes alih status.

Kata Feri, keinginan tes lebih banyak dari kehendak pimpinan KPK melalui peraturan komisi, sehingga secara administrasi bermasalah.

"Tes berisi hal yang janggal dan mengada-ngada.

Misalnya pertanyaan terkait FPI dan pendapat pegawai terhadap program pemerintah," kata Feri saat dikonfirmasi, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Ada Apa, Novel Baswedan Dipecat dari KPK? Upaya Lama Terus Dilakukan

"Padahal pegawai tidak boleh secara etis berurusan dengan perdebatan politik dan mereka tidak boleh menunjukan dukungan atau tidak dukungan terhadap program-program pemerintah karena bisa saja program itu terkait kasus korupsi," tambahnya.

Halaman
1234
Editor: Irfan Azmi Silalahi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved