Breaking News:

PILPRES 2024

Survei Pilpres 2024 versi LP3ES Prabowo Teratas, AHY Pepet Ganjar Pranowo

Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial ( LP3ES) mengeluarkan hasil survei Pilpres 2024 terbaru. Posisi AHY?

TWITTER/PDEMOKRAT
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 

TRIBUNBATAM.id - Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial ( LP3ES) mengeluarkan hasil survei Pilpres 2024 terbaru.

Survei dilakukan pada periode 8-15 April di 34 provinsi, dengan 1.200 responden dan margin of error 2,8%.

Hasil survei ini disampaikan Peneliti LP3ES Erwan Halil, didampingi Direktur LP3ES Fajar Nursahid, hari Rabu (5/5) di Jakarta. Prof. Firman Noor dari LIPI hadir sebagai penanggap.

Hasil survei LP3ES menempatkan Prabowo Subianto dengan elektabilitas tertinggi ytakni 16,4%.

Kemudian disusul oleh Gubernur DKI Anies Baswedan dengan 12,8%, lalu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 9,6%.

Elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencapai 8,8%.

AHY satu-satunya tokoh non pejabat publik yang masuk dalam lima besar tokoh nasional dengan elektabilitas tertinggi.

Dibawah AHY adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 7,5% serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, yang juga Waketum Gerindra, dengan 6,2%.

LP3ES juga menempatkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi ketua umum partai terpopuler.

Posisi Prabowo di daftar ketua umum parpol paling populer disusul oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di posisi kedua, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di posisi ketiga, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di posisi keempat, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di posisi kelima.

“Prabowo Subianto 27,6 persen, Megawati Soekarno Putri 23,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 21,5 persen, Muhaimin Iskandar 6,8 persen, dan Airlangga Hartarto 6,1 persen,” ujar Peneliti LP3ES Erwan Halil dalam keterangan tertulis pada Rabu (5/5/2021).

Selain itu, dalam survei tersebut responden ditanyai soal regenerasi kepemimpinan di tubuh parpol. Hasilnya sebanyak 69,9 persen masyarakat menginginkan adanya regenerasi kepemimpinan parpol ke tokoh yang lebih muda.

“Mayoritas responden 69,9 persen mendukung regenerasi kepemimpinan partai politik ke tokoh yang lebih muda,” kata Erwan.

Adapun survei tersebut diikuti oleh 1.200 responden usia dewasa yang tersebar di 34 Kota di Indonesia pada 8 sampai 15 April 2021.

Survei itu memiliki margin of error +/- 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Metode survei yakni wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur.(ath)

Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved