Breaking News:

PEMILIHAN WAKIL WALIKOTA TANJUNGPINANG

Rapat Paripurna Pilwawako Tanjungpinang Kuorum, 29 Anggota DPRD Gunakan Hak Pilih

29 anggota DPRD Tanjungpinang menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon Wakil Wali Kota Tanjungpinang, antara Ade Angga atau Endang Abdullah

Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak | Editor: Dewi Haryati
TribunBatam.id/Noven Simanjuntak
Rapat Paripurna Pilwawako Tanjungpinang Kuorum, 29 Anggota DPRD Gunakan Hak Pilih. Foto Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Pemilihan Wakil Wali kota Tanjungpinang, Hendy Amerta. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Rapat paripurna Pemungutan Suara Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang mencapai kuorum, Senin (10/5/2021). 

29 Anggota DPRD Tanjungpinang hadir dan menggunakan hak pilihnya.

Satu per satu anggota dewan itu mengambil surat suara, lantas masuk ke bilik suara untuk melakukan pencoblosan antara Ade Angga atau Endang Abdullah.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wawako Tanjungpinang, Hendy Amerta menjelaskan, pemungutan suara pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang akan digelar melalui mekanisme pemilihan seperti Pileg ataupun Pilkada pada umumnya.

"Pencoblosan one man one vote, setelah pencoblosan baru kita lakukan penghitungan suara. Nanti ada kertas penghitungan suaranya lalu nanti ada telenya," ujar Hendy kepada awak media, Senin.

Ia melanjutkan, sejumlah anggota Panitia Khusus (Pansus) pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang akan ikut serta memastikan proses pemungutan suara.

"Kawan-kawan Pansus nanti punya fungsi dan tugas masing-masing. Kita akan mengecek kertas surat suaranya juga," jelasnya.

Selanjutnya, dari hasil pemilihan itu jika salah satu calon merasa keberatan terhadap jalannya proses pemungutan suara dan hasil penghitungan, maka akan diberikan masa waktu sanggahan satu hari besok, Selasa (11/5/2021).

Berdasarkan ketentuan tata tertib paripurna, Hendy mengatakan, Anggota DPRD lengkap berjumlah 29 orang yang memiliki hak pilih dan dapat berjalan apabila hadir 2/3 atau 19+1 dari jumlah peserta yang ada.

"Kalau kita hitung full 29 kalau kita ambil terburuknya pasti 15/14 suara. Cuma kita tak tahu kan peta politik. Jangankan hari minggu, hari ini menit per detik pun bisa berubah," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved