Breaking News:

BATAM TERKINI

Bakamla RI Jemput Nelayan Indonesia di Perairan Malaysia, Cari Ikan Masuk Negeri Jiran

Delapan nelayan Indonesia yang dijemput Bakamla RI, sebelumnya ditangkap Tentera Laut Deraja Malaysia (TLDM) saat kapal pencari ikan masuk Malaysia.

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Bakamla RI Jemput Nelayan Indonesia di Perairan Malaysia, Cari Ikan Masuk Negeri Jiran. Foto proses penjemputan nelayan Indonesia di perairan Malaysia, Selasa (11/5/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI pada Selasa (11/5/2021) menjemput delapan nelayan Indonesia beserta kapalnya di perbatasan Indonesia-Malaysia sebelah selatan dari Tanjung Setapa Malaysia.

Penjemputan delapan nelayan tersebut menggunakan KN Dana-323.

Delapan nelayan Indonesia tersebut sebelumnya ditangkap Tentera Laut Deraja Malaysia (TLDM) saat mencari ikan masuk perairan Malaysia.

Mereka di antaranya Muhammad Daud, Erizal, Endi, Arifin, Acuk Rasyid, Junaidi, Irwanto dan Nafrizal.

Kasus serupa sebelumnya juga ditangani Bakamla RI pada minggu ketiga April 2021.

Kepala Bidang Operasi Zona Maritim Barat Kolonel Bakamla Djoko Wahyu Utomo mengatakan bahwa dengan mengedepankan kerja sama dan hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia dan koordinasi yang baik antara Bakamla RI dan APMM.

Nelayan Indonesia setelah dijemput Bakamla RI dari perairan Malaysia, Selasa (11/5/2021).
Nelayan Indonesia setelah dijemput Bakamla RI dari perairan Malaysia, Selasa (11/5/2021). (TribunBatam.id/Istimewa)

Dari sana disepakati bahwa kapal ikan dengan nama lambung KM Pesona Mandiri 3 beserta 8 ABK dapat dibebaskan dari segala tuntutan.

Wahyu mengatakan proses penjemputan dimulai pukul 12.00 WIB, saat KN Pulau Dana-323 yang dipimpin Letkol Bakamla Hananto Widhi bertolak dari Pelabuhan Batu Ampar menuju titik Rendezvous (RV) pukul 01.00 waktu setempat di perairan perbatasan Indonesia-Malaysia sebelah selatan dari Tanjung Setapa Malaysia pada koordinat 1° 17,63’N – 104° 7,5’E.

Tepat Pukul 13.45 waktu setempat, KN Pulau Dana-323 tiba di titik temu di perairan perbatasan Indonesia-Malaysia sebelah Selatan Tanjung Setapa Malaysia.

Tidak menunggu lama, kapal Maritim Malaysia Petir-1211 tiba dan proses serah terima langsung dilaksanakan di atas KN Pulau Dana-323.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved