Breaking News:

Hub Logistik Hang Nadim dan Batuampar, Diyakini Dongkrak Ekonomi Batam

Badan Pengusahaan (BP) Batam menyiapkan grand design pembangunan dan pengelolaan pelabuhan kontainer Batuampar dan Bandara Hang Nadim, Batam.

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang | Editor: Agus Tri Harsanto
Ist
Kepala BP Batam Muhammad Rudi 

BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam menyiapkan grand design pembangunan dan pengelolaan pelabuhan kontainer Batuampar dan Bandara Hang Nadim, Batam. Dengan dukungan Peraturan Pemerintah (PP) 41 tahun 2021, diharap Batuampar dan Hang Nadim akan semakin bergairah. Diyakini, pergerakan ekonomi Batam akan seperti tahun 1980-an.

Optimisme itu disampaikan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, Kamis (1/3/2021) di Gedung Bida Marketing, BP Batam. Rudi menyampaikan optimisme saat menyampaikan grand design pengembangan pelabuhan Batuampar dan Bandara Hang Nadim. Tidak hanya dua lokasi hub logistik itu, namun pembangunan fasilitas pendukung.

"Jika PP 41 2021 berlaku, maka semua perijinan, akan di BP Batam. Pelabuhan Batuampar dan Bandara Hang Nadim akan bergairah," kata Rudi optimis.

Disampaikan, saat PP 41 berlaku, berbagai barang akan mudah masuk Batam. Diyakini, Batam akan menuju era kebangkitan, seperti tahun 1980-an. Dimana, Batam menjadi surga belanja bagi masyarakat Indonesia. Sehingga, ekonomi Batam akan kembali bangkit.

"Barang apapun bisa masuk. Jadi kayak tahun 80-an. Momen ini jangan disia-siakan. Makanya kalau semua barang bisa masuk, para kuliner akan banyak datang ke Batam," jelas Rudi.

Kebangkitan ekonomi Batam juga akan semakin cepat, dengan dukungan regulasi. Dimana, sesuai aturan terbaru, maka nantinya 67 ijin akan ada di (BP) Batam. 

"67 perijinan sudah diberikan di BP Batam. Nanti investasi akan semakin banyak masuk ke Batam," harap Rudi.

Selain itu, perijinan akan dimudahkan dengan satu pintu. Semua perijinan akan dikendalikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Namun ditegaskan, untuk itu dibutuhkan kesiapan tenaga pegawai di PTSP.

"Kita sedang mempersiapkan perijinan di PTSP semua. Kalau di PTSP, semua ditandatangani direktor atau eselon II. Artinya disana dengan OSS, sehingga kemudahan berinvestasi akan membangkitkan ekonomi kita," sambungnya.

Tidak hanya itu, tenaga di pelabuhan Batuampar dan Bandara Hang Nadim juga harus siap. Dimana, nantinya diyakini akan banyak barang masuk melalui pelabuhan Batuampar dan Bandara Hang Nadim.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved