Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Ikan Tongkol Banjiri Pasar Ikan Tarempa di Anambas, Harga Per Ekor Rp 30 Ribu

Seorang pedagang di Pasar Ikan Tarempa Anambas menyebut, saat ini ikan tongkol paling banyak dijual di pasar.Ikan tongkol umumnya banyak disukai warga

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Rahma Tika
Ikan Tongkol Banjiri Pasar Ikan Tarempa di Anambas, Harga Per Ekor Rp 30 Ribu. Foto Suasana di Pasar Ikan Tarempa, Jumat (21/5/2021) 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Setelah Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, harga komoditas di Pasar Ikan Tarempa kembali stabil.

Pasar ikan yang terletak di Jalan Amat Yani Laut, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas ini memang menjadi pusat jual beli ikan segar bagi masyarakat Siantan.

Biasanya Pasar Ikan Tarempa sudah mulai buka sejak Subuh. Sejak waktu itu pula mulai banyak masyarakat yang datang ke pasar untuk membeli ikan.

Masyarakat sekitar umumnya menyukai ikan tongkol atau biasa disebut ikan simbok. Ikan tongkol ini sering diolah menjadi ikan asap atau salai. Bahkan ikan asap di Anambas sudah beredar hingga ke kota-kota besar.

Sementara itu, seorang pedagang, Asep mengatakan, tangkapan ikan nelayan saat ini tidak sebanyak sebelumnya lantaran angin kencang di laut.

Baca juga: Anambas Berlakukan Jam Malam Tekan Penyebaran Covid, Ini Kata Bupati Abdul Haris

Baca juga: INI Pesan Presiden Joko Widodo Bagi Warga Anambas saat Kunjungi Kepri

"Tidak terlalu banyak, tapi ikan tetap ada. Soalnya semalam angin kencang, yang paling banyak itu ikan tongkol," ujar Asep, Jumat (21/5/2021).

Ada pun ikan tongkol per ekor dijual seharga Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu. Satu ekor ikan tongkol beratnya bisa mencapai 1,5 kilogram sampai 2 kilogram.

Pantauan Tribunbatam.id di lapangan, aktivitas pengunjung masih normal. Tidak ada kepadatan pengunjung yang terjadi di Pasar Ikan Tarempa.

Selain ikan tongkol, di Pasar Ikan Tarempa ini juga menjual ikan selar. Harganya Rp 20 ribu per 10 ekor. Jika ukuran ikannya besar, isinya 6 ekor.

Kemudian ada ikan manyuk yang dijual Rp 25 ribu per ekor dengan beratnya 7 ons. Sementara itu cumi per kilogram dijual Rp 30 ribu.

Sekadar informasi saja, harga jual beli ikan di Anambas memang terbilang murah. Selain harganya yang murah, ikannya juga masih segar.

Di pasar, jarang ada ikan yang tidak habis terjual. Dalam sehari saja seorang pedagang bisa menjual ludes semua ikannya.

(Tribunbatam.id/Rahma Tika)

Baca juga berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Anambas

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved