Breaking News:

NATUNA TERKINI

Pemkab Natuna - Siapkan Generasi Penerus, Disdik Terapkan Sekolah Ramah Anak

Program Sekolah Ramah Anak sudah berlaku di 50 sekolah di Natuna sejak 2019 silam. Mulai dari TK, SD hingga SMP. Berikut daftar sekolahnya

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Pemkab Natuna - Siapkan Generasi Penerus, Disdik Terapkan Sekolah Ramah Anak. Foto Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Kabupaten Natuna, Tasrif 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - "Anak di dalam dan di lingkungan satuan pendidikan wajib mendapatkan perlindungan dari tindak kekerasan fisik, psikis, kejahatan seksual, dan kejahatan lainnya yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik, dan/atau pihak lain"

Itu tertuang dalam pasal (54) UU 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Terkait hal ini, Pemerintahan Kabupaten Natuna memastikan anak atau siswa mendapatkan perlindungan dalam proses pendidikan dengan menerapkan program Sekolah Ramah Anak (SRA).

Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Kabupaten Natuna, Tasrif mendukung program yang dilakukan oleh Disdik Natuna.

"Kita tentu mendukung kegiatan positif seperti ini, terlebih lagi berkaitan dengan pendidikan. Selain itu anak adalah generasi yang akan meneruskan perjuangan kita-kita yang ada saat ini," kata Tasrif saat dikonfirmasi Tribumbatam.id, di Kantor Bupati Natuna, Jalan Bukit Arai, Batu Sisir, Kecamatan Bunguran Timur, Kamis (20/5/2021).

Selain program SRA, lanjut Asisten II Setda Kabupaten Natuna itu, untuk memajukan sektor pendidikan Pemkab Natuna juga menyediakan sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik dan anak didik.

Untuk mencapai tujuan itu, perlu dipastikan bahwa seorang anak mendapatkan pendidikan yang layak, dilindungi serta menjamin hak anak.

Sementara itu, di lokasi berbeda Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna, Muhammad Faisal mengatakan, program SRA sudah berjalan sejak 2019 silam.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal. Foto diambil di ruang kerjanya Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Jalan Bukit Arai, Batu Sisir, Kecamatan
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal. Foto diambil di ruang kerjanya Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Jalan Bukit Arai, Batu Sisir, Kecamatan (tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

"Program SRA sudah diterapkan sejak 2019 dan saat ini sudah 50 sekolah yang dilakukan SRA dari seluruh sekolah yang ada di Natuna," kata Faisal di ruang kerjanya Kantor Dinas Pendidikan.

Ia melanjutkan, program SRA ini juga ditujukan untuk memastikan sekolah mampu mengembangkan serta meningkatkan kemampuan, minat, bakat, tanggung jawab anak dan menumbuhkan rasa saling menghormati.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved