Breaking News:

LINGGA TERKINI

10 Rumah di Desa Bukit Belah Lingga Tergenang Air, Warga Goro Buat Saluran Air

Hujan deras yang terjadi di Kecamatan Singkep Barat Lingga membuat 10 rumah warga di Desa Bukit Belah tergenang air, Kamis (20/5) lalu

tribunbatam.id/istimewa
Warga Desa Bukit Belah Kecamatan Singkep Barat bersama Camat, Kades, dan Ketua BPD goro buat saluran air di rumah warga yang tergenang air, Jumat (21/5/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Warga Desa Bukit Belah, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga bersama camat dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bergotong-royong (Goro) membuat saluran air.

Pasalnya hujan deras di wilayah Kecamatan Singkep Barat mengakibatkan rumah warga di Desa Bukit Belah terendam banjir, pada Kamis (20/5/2021) lalu.

Setidaknya ada sepuluh unit rumah warga di Desa Bukit Belah tergenang air.

Genangan air ini bukan pertama kalinya dialami warga Desa Bukit Belah. Daerah mereka langganan banjir ketika hujan lebat datang.

Camat Singkep Barat, Febrizal Taufik memberikan apresiasi besar kepada seluruh masyarakat Desa Bukit Belah yang bergotong-royong untuk mengatasi masalah banjir.

Baca juga: Hujan Deras, Desa Resang di Lingga Tergenang Banjir, Wabup Neko Pantau ke Lokasi

Baca juga: Tumpukan Daun Ketupat Ganggu Drainase di Jodoh Centre Batam, Warga Cemas Banjir

Diketahui banjir tersebut terjadi karena gorong-gorong yang ada tak bisa lagi menampung luapan air setiap kali hujan deras turun hingga terjadi penyumbatan.

“Gorong-gorong ini dibuat tahun 1990 dengan ketinggian yang tidak maksimal, sehingga ada penyumbatan dan menyebabkan banjir,” kata Taufik, Jumat (21/5/2021).

Upaya yang dilakukan pihaknya saat ini bersama warga yakni membersihkan gorong-gorong, agar air dapat kembali mengalir.

“Upaya saat ini kita membersihkan gorong-gorong yang ada, dan membuat jalur pipa agar dilalui air, sehingga mencegah terjadinya banjir,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Bukit Belah, Edy Sumantri menjelaskan, tidak ada anggaran desa untuk perbaikan saluran air tersebut. Karena ranahnya memang bukan di desa.

Halaman
12
Penulis: Febriyuanda
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved