Breaking News:

VALAS

Mau Tukar Valas? Hari Ini Rupiah Melemah, Berada di Kisaran Rp 14.358 per Dolar AS

Kurs rupiah ini melemah tipis 0,02% jika dibandingkan dengan posisi akhir pekan lalu pada Rp 14.355 per dolar AS.

Mau Tukar Valas? Hari Ini Rupiah Melemah, Berada di Kisaran Rp 14.358 per Dolar AS
tribunnewsbatam/ istimewa
Giro Valas dan transaksi dollar Amerika

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Terdampak likuiditas global, nilai tukar rupiah kembali melemah. Senin (24/5) pukul 09.20 WIB, kurs rupiah spot berada di Rp 14.358 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kurs rupiah ini melemah tipis 0,02% jika dibandingkan dengan posisi akhir pekan lalu pada Rp 14.355 per dolar AS. Pegerakan tipis-tipis rupiah ini disebabkan aksi tunggu pasar pada hasil rapat dewan gubernur yang berlangsung hari ini dan esok.

Philip McNicholas, ASEAN FX/rates strategist Bloomberg Intelligence mengatakan bahwa risiko umum pembicaraan tapering memberatkan rupiah. "Rupiah akan selalu sensitif terhadap perubahan dinamika likuiditas global," kata McNicholas.

Sementara itu, dari situs resmi Bank Mandiri pada Senin 24 Mei 2021, menampilkan beberapa kurs dollar rupiah baik di TT counter, special rate, maupun bank notes.

Berikut detail kurs dollar rupiah yang dikutip dari laman Bank Mandiri (Diperbarui pada pukul 09.00 WIB per 24 Mei 2021)

Kurs dollar rupiah special rate:
Kurs beli Rp. 14.300 per dollar AS
Kurs jual Rp. 14.420 per dollar AS
Kurs dollar rupiah TT counter:

Kurs beli Rp. 14.150 per dollar AS
Kurs jual Rp. 14.500 per dollar AS
Kurs dollar rupiah bank notes:

Kurs beli Rp. 14.150 per dollar AS
Kurs jual Rp. 14.500 per dollar AS

Sekedar informasi saja, terdapat pebedaan tingkat dollar rupiah yang dterjadi pada kurs TT counter, kurs special rate, maupun kurs bank notes.
Kurs dollar rupiah TT counter hanya berlaku ketika nasabah melakukan setoran atau transfer melalui counter bank.

Selanjutnya kurs dollar rupiah special rate merupakan kurs yang berlaku jika nasabah melakukan transaksi dengan nilai nominal equivalen diatas 25.000 dollar AS. Bank Mandiri menghimbau nasabah untuk menghubungi cabang terdekat terlebih dahulu.

Sedangkan untuk kurs dollar rupiah bank notes berlaku saat nasabah menukarkan uangnya melalui kantor bank secara langsung.

Dalam informasi seperti ini, tingkat kurs dollar rupiah hanya berlaku pada sudut padang bank saja. Kurs beli dipakai ketika bank membeli dollar dari nasabah. Sedangkan kurs jual dipakai ketika bank menjual dollar ke nasabah. (*)

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved