Breaking News:

Pemkab Natuna Kejar Kualitas SDM, Disdik Lakukan Pemerataan Pendidik

Pemkab Natuna fokus memajukan sektor sendidikan guna mencapai kualitas SDM untuk sambut masa depan.

tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Asisten II Setda Kabupaten Natuna, Tasrif Amran 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Natuna fokus memajukan sektor sendidikan guna mencapai kualitas SDM untuk sambut masa depan.  

Salah satu upaya mencapai tujuan tersebut, Pemkab Natuna melalui Dinas Pendidikan membenahi tatanan guru-guru yang tidak seimbang di sekolah-sekolah jenjang SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Suherman mengatakan salah satu yang menjadi Standar Nasional Pendidikan (SNP) berkaitan dengan tenaga pendidik atau guru.

"Banyak guru-guru hari ini yang menumpuk pada suatu sekolah, ada sekolah kekurangan guru dan sementara ada pula yang kelebihan guru atau menumpuk," kata Suherman.

Ia menjelaskan terkait permasalahan ini pihaknya telah mencoba mengurai dengan melakukan pemetaan guru kemudian dilakukan penataan ulang.

"Jadi, kita mendistribusikan guru yang menumpuk di suatu sekolah ke sekolah yang kekurangan pendidik," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Natuna, Suherman
Kepala Dinas Pendidikan Natuna, Suherman (tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Lebih jauh Suherman menjelaskan bahwa, selain guru yang tidak seimbang di Natuna saat ini juga masih kekurangan guru di bidang mata pelajaran olahraga, prakarya dan seni budaya.

"Ini memang kekurangan guru bukan akibat guru yang menumpuk," jelasnya.

Muhammad Faisal, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna mengatakan untuk mengatasi masalah kekurangan guru, pihaknya telah mengadukan ke pusat melalui BKPSDM Kabupaten Natuna melalui usulan penerimaan CPNS dan Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Pemenuhan guru di tiga mata pelajaran tersebut bisa dilakukan dengan adanya penerimaan PPPK.

"Karena, kalau untuk CPNS prioritas nya lebih ke medis atau kesehatan. Makanya PPPK yang lebih dekat untuk pemenuhan tenaga pendidik di mata pelajaran itu," kata Faisal.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Tasrif Amran mendukung penuh langkah-langkah yang dilakukan Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Natuna.

"Kita terus mendukung kegiatan positif, apalagi imbasnya adalah masa depan. Dengan adanya upaya yang dilakukan Disdik Natuna dalam ranah pendidikan, mampu memberikan kontribusi positif dalam menyambut masa depan. Semoga terlahir lah SDM yang bermutu, berkualitas dan memiliki daya saing," kata Tasrif.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Natuna terkhususnya orangtua siswa agar lebih memperhatikan pendidikan anak.

"Saya harap orangtua siswa atau wali murid, selalu memberikan dorongan dan motivasi kepada anaknya untuk mau belajar dengan sungguh-sungguh. Terlebih lagi di masa pandemi, tentunya orang tua akan selalu berperan aktif dalam pendidikan anak karena saat ini kita sudah mengenal istilah belajar dari jaringan atau daring," ucapnya.(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved