Breaking News:

Pemkab Natuna Salurkan Beasiswa untuk Mahasiswa

Pemerintahan Kabupaten Natuna, melalui Dinas Pendidikan akan salurkan beasiswa kepada mahasiswa asal Natuna.

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Agus Tri Harsanto
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Asisten II Setda Kabupaten Natuna, Tasrif Amra 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintahan Kabupaten Natuna, melalui Dinas Pendidikan akan salurkan beasiswa kepada mahasiswa asal Natuna.  

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal.

"Terkait dengan program beasiswa, kita sudah ada tapi hanya untuk mahasiswa dan saat ini sedang proses verifikasi proposal, rencananya beasiswa itu akan dicairkan tahun ini," kata Faisal kepada TRIBUNBATAM.id, Kamis (20/5/2021)

Faisal menjelaskan bahwa, beasiswa yang akan disalurkan itu merupakan perencanaan di tahun 2020.

"Jadi, yang akan menerima beasiswa ini adalah mahasiswa yang telah mengajukan proposal ke kita (Disdik) pada tahun 2020 lalu. Sedangkan untuk proposal yang diajukan di tahun ini jika ada, itu belum bisa dicairkan" bebernya.

Ia menjelaskan beasiswa tersebut diterima melalui dua jalur, yaitu jalur prestasi dan tidak mampu.

Menurutnya salah satu syarat penerima bantuan beasiswa adalah seorang mahasiswa dan harus berdomisili di Kabupaten Natuna.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal.
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal. (tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

"Artinya, mahasiswa asal Natuna yang melakukan pendidikan di luar juga bisa menerima bantuan beasiswa, asalkan mereka telah mengajukan proposal di tahun 2020 lalu dan memiliki KTP Natuna," jelas Faisal.

Sementara itu, syarat lainnya adalah Untuk mahasiswa yang jurusan eksakta harus memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK 2.90 sedangkan non eksakta minimal IPK 3.30.

Terkait dengan jumlah nominal yang akan diterima tergantung dari nilai yang diajukan dalam proposal dan hasil verifikasi.

"Jumlah nominal beasiswa yang akan diterima mahasiswa itu akan berbeda-beda, yang jelas kita akan seleksi dan verifikasi data yang diberikan," ujarnya.

Di lokasi berbeda, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Natuna, Tasrif Amran mengatakan bahwa, bantuan beasiswa tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung jalannya pendidikan guna meningkatkan kualitas SDM.

"Tentunya Pemkab Natuna sangat mendukung  program beasiswa tersebut. Saya harap beasiswa yang akan diterima mahasiswa itu akan betul-betul dimanfaatkan secara bijak seperti melengkapi kebutuhan perkuliahan," kata Tasrif saat dikonfirmasi di Ruang Kerjanya.

Tasrif juga berpesan kepada seluruh mahasiswa asal Natuna yang sedang mengenyam pendidikan, untuk menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh.

"Kenapa harus sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu?, Karena merekalah yang akan menjadi penerus perjuangan kita saat ini untuk membangun Kabupaten Natuna jauj lebih baik lagi," pungkasnya.(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved